Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Dukung IAIN Manado Berubah Status ke UIN

Kompas.com - 02/11/2020, 19:00 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) mendukung penuh IAIN Manado dalam mengubah statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Apalagi kampus ini sedang bekerja keras dalam melengkapi semua persyaratan terkait alih status kampus.

"Respon kita positif. Kualitas kampus juga harus baik. Terus bangun toleransi sudah ada. Pak Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani dampingi dengan baik," ungkap Menteri Agama Fachrul Razi dalam keterangannya, Senin (11/2/2020).

Baca juga: Bersama ILAD, IAIN Takengon Perkuat Penguasaan Bahasa Inggris

Dhani sebagai Dirjen Pendis juga mendukung penuh alih status IAIN Manado menjadi UIN.

"Akreditasi segera kita lengkapi, jumlah guru besar juga segera dicukupi. IAIN kita sudah cukup berkualitas," tutur Dhani.

Rektor IAIN Manado, Delmus Puneri Salim mengaku proses perkuliahan di IAIN Manado terus berjalan. Karena, pandemi Covid-19, proses perkuliahan dilaksanakan secara daring atau dalam jaringan (online).

Terkait proses alih status menjadi UIN, Delmus optimis bisa terlaksana. Apalagi, dia telah memperoleh informasi, bahwa Kemenpan RB mendukung proses alih status ini. Dukungan juga datang dari Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

"GMIM juga mengajak bersama-sama untuk alih status ini, sudah ada rekomendasinya dan mereka mendukung, dan sudah tandatangan MoU," ujar Rektor Delmus.

Di Sulawesu Utara (Sulut), bilang Delmus, sudah ada Universitas Kristen dan Protestan. Sementara, UIN belum ada di tanah Sulut.

"Meskipun banyak hal belum dicukupi untuk alih status menjadi Universitas sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA) No 15 tahun 2014 tentang Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK), namun masyarakat Sulut secara keseluruhan sangat mendukung alih status tersebut," tegas Delmus.

Pemprov dan MUI Sulut beri dukungan

Proses peralihan status IAIN Manado menjadi UIN juga sudah datang dari Pemprov dan MUI Sulut.

Pjs. Gubernur Sulut, A. Fathoni menyampaikan, Pemprov Sulut mendukung penuh atas transformasi IAIN Manado menuju UIN. Surat Rekomendasi yang diserahkan Pjs. Gubernur A. Fathoni kepada Rektor IAIN Manado Delmus Puneri Salim telah ditandatangani oleh Gubernur Olly Dondokambey.

"Selanjutnya tim alih status IAIN Manado bakal mengajukan rekomendasi ke Kementerian Agama RI dalam waktu dekat," ungkap Fathoni.

Ketua Umum MUI Sulut, Abdul Wahab Ghafur mendukung penuh rencana pergantian status IAIN Mando menjadi UIN. Dia berharap transformasi ini bisa segera terealisasikan dengan cepat.

Baca juga: Pemprov dan MUI Sulut Dorong IAIN Manado Berganti Status UIN

"Saya memohon doa agar proses transformasi dapat berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan selama ini," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com