Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama ILAD, IAIN Takengon Perkuat Penguasaan Bahasa Inggris

Kompas.com - 13/10/2020, 23:25 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - IAIN Takengon menjalin sinergi dengan International Literacy and Development (ILAD) dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dan civitas akademika lainnya, yakni dengan memperkuat pembelajaran Bahasa Inggris.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Rektor IAIN Takengon Zulkarnain bersama perwakilan ILAD Steven Von Der Linden pada Senin, 12 Oktober 2020.

Baca juga: Politeknik Negeri Lhokseumawe dan Politeknik Aceh Perkuat Kerja Sama

Zulkarnain menyebutkan, memang kerjasama dengan ILAD telah terjalin dalam satu tahun belakangan ini. Namun, ruang lingkup kerjasama diperbaharui kembali untuk beberapa tahun mendatang.

"Kerjasama ini fokus pada penguatan pembelajaran bahasa asing, terutama Inggris, serta metodologi pembelajarannya," kata Zulkarnain dalam keterangannya, melansir laman Kemenag, Selasa (13/10/2020).

Dia menyebutkan, pembaharuan kerjasama ini demi memaksimalkan tujuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Sehingga terjadinya perubahan yang signifikan di tatanan pembelajaran mahasiswa maupun para dosen.

Bahasa asing perkuat mahasiswa dan dosen

Dengan menguasai bahasa asing, sambung dia, maka akan memperkuat jati diri mahasiswa dan dosen IAIN Takengon, sehingga lebih siap menjadi warga dunia dan berkompetisi secara global.

Kemahiran bahasa asing, bilang dia, menjadi alat untuk mengakses informasi, serta wacana yang valid dan lebih luas, karena bisa menggali dari literatur otentik.

Baca juga: Politeknik Negeri Cilacap Latih Pedagang Bahasa Inggris

"Maka dari itu, kita programkan ada pengajar bahasa asing lainnya di kampus ini, minimal dari Arab Saudi dan Cina. Ini akan ditindaklanjuti oleh bidang kerjasama," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com