75 Ribu Siswa Terima Bantuan Sertifikasi TOEIC

Kompas.com - 02/11/2020, 18:53 WIB
Siswa SMK terpilih yang menerima bantuan sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK Kemendikbud. DOK. KemendikbudSiswa SMK terpilih yang menerima bantuan sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK Kemendikbud.

KOMPAS.com - Sebanyak 75 ribu siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) dari 34 provinsi di seluruh Indonesia terpilih menerima bantuan sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris dengan Test of English for International Communication (TOEIC) dari Direktorat SMK Kemendikbud.

Mereka terpilih dari seleksi 196.450 siswa dari 1.352 SMK.

Baca juga: Hampir 200 Ribu Siswa SMK Memperebutkan Kuota Ujian TOEIC

"Saat ini penyaluran telah sampai tahap implementasi tes TOEIC bagi siswa SMK yang lolos seleksi. Animo keikutsertaan SMK di seluruh Indonesia tetap tinggi, meski keadaan pandemi saat ini," ungkap Direktur International Test Center, Jenny Lee dalam siaran persnya, Senin (2/11/2020).

Dia mengaku, program ini merupakan salah satu upaya Kemendikbud dalam mewujudkan rencana besar pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia unggul.

Program ini merupakan bagian dari program SMK English Challenge 2020.

Fasilitas sertifikasi TOEIC ini, kata dia, telah resmi diluncurkan bulan Juli, dengan harapan lulusan SMK di Indonesia dapat tersertifikasi secara internasional dan dapat memiliki daya saing saat memasuki dunia kerja.

Dia menambahkan, di tengah pandemi Covid-19, International Test Center (ITC) selaku penyelenggara sertifikasi TOEIC berkomitmen memberikan setiap tahapan implementasi program dengan baik untuk menjamin kualitas output yang dihasilkan.

Dimulai dengan tahapan sosialisasi yang diberikan lewat platform seperti video conference, portal news di website, social media, serta layanan pusat informasi.

Tahapan berikutnya, lanjut dia, seleksi menggunakan readiness assessment Vocational Institutional English Readiness Assessment (VIERA) diberikan dalam dua opsi pengerjaan yaitu bisa melalui mobile phone atau dengan gawai lain seperti komputer untuk memudahkan para siswa dalam mengikuti seleksi.

1.500 guru dibimbing mengajar TOEIC

Bagi para siswa yang lolos seleksi, ada tahapan Pembelajaran yang diberikan tim Pakar (Akademik) pembelajaran TOEIC dari ITC selama satu bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X