Pembukaan "FIKSI 2020", Melejitkan Talenta Inovasi dan Wirausaha Siswa

Kompas.com - 20/10/2020, 19:37 WIB
Sekjen Kemendikbud Prof. Ainun Naim dalam pembukaan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (Fiksi) 2020 di Bandung (20/10/2020). DOK. FIKSI/KEMENDIKBUDSekjen Kemendikbud Prof. Ainun Naim dalam pembukaan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (Fiksi) 2020 di Bandung (20/10/2020).

KOMPAS.com - Inovasi dan kewirausahaan dapat menjadi daya ungkit kesejahteraan masyarakat dan kemajuan sebuah bangsa. Oleh karenanya, sangat penting menyiapkan generasi talenta unggul yang memiliki kompetensi dalam kedua bidang ini.

"Inovasi dan kewirausahaan ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam peningkatan kesejahteraan dan pengembangan ekonomi kita," ungkap Sekjen Kemendikbud Prof. Ainun Naim dalam pembukaan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020 di Bandung (20/10/2020).

Inovasi dan kewirausahaan, tambah Prof. Naim, tidak hanya dimiliki oleh sektor komersil saja namun juga dalam bidang sosial kemanusiaan.

"Oleh karena itu, adik-adik, mari kita kembangkan daya inovasi dan kewirausahaan kita semua sehingga nanti bisa memberikan kontribusi lebih besar dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraan negara Republik Indonesia," pesannya.

Sekjen Kemendikbud optimisme melihat partisipasi para siswa ditambah dengan dukungan guru dan orangtua akan membuat cita-cita tersebut tercapai.

"Jaga integritas, jaga motivasi dan semangat. Tidak hanya pada kompetisi ini juga dalam kehidupan, bahkan juga termasuk karier jangka panjang yang akan datang," tambah Prof. Ainun.

Baca juga: Survei: Kualitas Guru Jadi Pendorong Terbesar Prestasi Siswa

Membentuk "Generasi Emas" Indonesia  

Tidak kurang dari 1.600 lebih siswa berpatisipasi dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (Fiksi) 2020 yang dibuka di Bandung (20/10/2020).DOK. FIKSI/KEMENDIKBUD Tidak kurang dari 1.600 lebih siswa berpatisipasi dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (Fiksi) 2020 yang dibuka di Bandung (20/10/2020).

FIKSI 2020 yang memasuki gelaran ke-5 merupakan ajang lomba inovasi dan kewirausahaan bagi siswa SMA untuk menumbuhkan generasi wirausahawan muda kreatif dengan wawasan sosial secara berkelanjutan. 

Tahun ini FIKSI dilaksanakan pada bulan Vokasi dan Kewirausahaan yang mengambil tema utama “Melejitkan Talenta dan Prestasi Kewirausahaan di Masa Pandemi".

"Sedangkan FIKSI 2020 sendiri mengusung tema 5-Preneurship di mana para wirausahawan dituntut untuk dapat bekerja sama dengan memanfaatkan teknologi yang tepat guna, inovatif, realistis, mudah diwujudkan, dan efisien dalam menghasilkan produk bagi kesejahteraan, kemakmuran dan perdamaian dunia," jelas Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional ( Puspresnas) Asep Sukmayadi.

Baca juga: Prestasi Junior Indonesia Dorong Tumbuhnya UMKM Muda dengan Konsep Ini

Asep mengungkapkan, "melalui FIKSI para siswa diarahkan untuk menjadi pelajar Pancasila yang mandiri dan kreatif, memiliki keunggulan kreativitas nusantara."

Lebih jauh Kepala Puspresnas menegaskan keluarga dan sekolah memegang peran penting dalam memotivasi dan menguatkan potensi para siswa. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X