Aplikasi Ini Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

Kompas.com - 20/10/2020, 10:57 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah. Vivo IndonesiaIlustrasi belajar dari rumah.

KOMPAS.com - Startup edukasi di Indonesia CoLearn baru saja meluncurkan fitur baru bernama “Tanya”. Fitur terbaru ini menjadi komitmen CoLearn untuk membuat matematika menjadi mata pelajaran yang lebih mudah dipahami dan tidak perlu ditakuti.

Fitur Tanya memungkinkan pelajar untuk menyelesaikan soal matematika hanya dengan mengambil dan mengunggah foto soal ke dalam platform. Dalam hitungan detik, CoLearn dapat memberikan video penjelasan tentang cara menyelesaikan soal tersebut, secara jelas dan mudah dimengerti.

CEO CoLearn Abhay Saboo mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuktikan betapa pentingnya menguasai teknologi yang akan menjadi elemen utama dalam semua kegiatan di masa depan.

Baca juga: Ingin Anak Gemar Matematika? Kenalkan Konsep, Tak Sekadar Rumus

Karena itu, kata dia, penguasaan terhadap mata pelajaran sains seperti matematika sangat penting untuk menjadi fondasi bagi kemajuan teknologi yang lebih pesat.

“Salah satu misi utama CoLearn adalah berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, agar generasi muda dapat bersaing dengan negara-negara lain," papar Abhay, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Tidak hanya bermanfaat untuk para pelajar, Abhay berharap fitur Tanya juga dapat meringankan beban para guru sekolah yang kini memiliki kesibukan tinggi dalam mengurusi kegiatan belajar mengajar (KBM) online selama pandemi berlangsung.

Startup CoLearn didirikan oleh tiga orang veteran praktisi dalam dunia pendidikan, yaitu Abhay Saboo (CEO), Marc Irawan (COO), dan Sandeep Devaram (CPO).

Baca juga: Asesmen Nasional Pengganti UN, Kemendikbud: Tidak Semua Siswa Ikut

Abhay merupakan lulusan MBA dari Harvard University, Marc merupakan pendiri startup coding Bright Future Labs di Indonesia, sementara Sandeep adalah salah satu personil awal BYJU’s, salah satu startup edukasi terbesar di dunia.

Dalam waktu 45 hari sejak diluncurkan, CoLearn saat ini menjawab lebih dari 1 pertanyaan setiap detiknya, atau lebih dari 3.000.000 pertanyaan setiap bulannya.

Aplikasi CoLearn dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X