Kompas.com - 12/10/2020, 13:17 WIB
Peserta yang ikut ISCC 2020. DOK.PJIPeserta yang ikut ISCC 2020.
|

KOMPAS.com - Meski di tengah pandemi Covid-19, namun masyarakat Indonesia tetap berkarya. Bahkan para pelajar juga mulai melatih jiwa kewirausahaannya.

Hal itu dapat dilihat dari Program Student Company (Perusahaan Siswa) melibatkan lebih dari 900 pelajar SMA/SMK dari 11 wilayah di Tanah Air.

Program yang berlangsung selama Januari-September 2020 itu sukses melahirkan 44 bisnis baru dengan total omzet mencapai Rp 272 juta.

Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2020 tersebut akhirnya memilih tim terbaik yang akan mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis level Asia Pasifik tahun depan.

Baca juga: Siswa DKI Jakarta, Simak Ketentuan Baru PSBB Transisi

Diharapkan terus tumbuh

Namun lebih dari itu, konsep perusahaan siswa yang telah terbentuk diharapkan dapat terus tumbuh menjadi UMKM yang solid dan berkelanjutan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kewirausahaan melatih para pelajar untuk berpikir kritis, serta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik sehingga mereka tumbuh menjadi insan-insan yang kreatif," ujar Dr. Juandanilsyah, S.E., M.A., Koordinator Bidang Peserta Didik-Direktorat SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Adapun program ini digelar oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia), Caterpillar Indonesia, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia).

Dijelaskan, pihaknya telah menjalankan berbagai aktivitas untuk mendorong kewirausahaan muda. Tentunya, pemerintah tidak bisa jalankan sendiri, tetapi harus berkolaborasi dengan banyak pihak.

Karena itu, pihaknya sangat berterima kasih kepada PJI dan mitra-mitra perusahaan yang telah melanjutkan Program Student Company dan kompetisi ISCC 2020.

"Inisiatif ini selaras dan bersinergi dengan langkah-langkah pemerintah. Dengan demikian kewirausahaan muda Indonesia terus berkembang, bukan hanya para pelajar sekarang namun juga generasi yang akan datang," terangnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X