Kompas.com - 12/10/2020, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Padang (PNP) akan melanjutkan kembali kolaborasi dengan Camarines Sur Polytechnic Colleges (CSPC) Philippines. Langkah ini dilakukan demi meningkatkan pendidikan vokasi dan memberikan keuntungan kedua belah pihak.

Rencana melanjutkan kolaborasi ini terjadi setelah keduanya melakukan rapat online dari dua negara. Hadir dalam rapat itu, Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto dan Dekan Program Magister CSPC Philippines Teresa Manzano.

Baca juga: Politeknik Negeri Cilacap Bantu Petani Maos Lewat Pompa Energi PLTS

Lalu ada Vice President for Academic Affairs CSPC Philippines Maria Laarni, Kepala Urusan Internasional PNP Ihsan Lumasa Rimra, dan Kepala UPT Kerjasama PNP Alhapen Ruslin Chandra.

Kepala Urusan Internasional PNP, Ihsan Lumasa Rimra mengatakan, kolaborasi dengan CSPC Philippines sempat terhenti karena ada pandemi Covid-19. Kini kerjasama akan dilanjutkan di semester yang telah berjalan di tahun ini.

"Kerjasama akan mencakup pertukaran dosen antar fakultas secara virtual dan presentasi hasil karya mahasiswa," kata Ihsan dalam keterangannya, melansir laman pnp.ac.id, Jumat (9/10/2020).

Selain itu, kerjasama ini juga menyangkut terkait presentasi hasil tugas akhir dari masing-masing mahasiswa PNP maupun CSPC Philippines. Kolaborasi ini memang difasilitasi oleh kadidat profesor PNP, yakni Yuli Yetri yang merupakan seoran dosen Teknik Mesin.

"Kerjasama ini merupakan fasilitas dari Dr. Yuli Yetri, nantinya akan dikukuhkan dalam MoU secara online bersama CSPC Philippines dalam waktu dekat," jelas dia.

Dekan Program Magister CSPC Philippines, Teresa Manzano menyatakan, kampusnya yang terletak di Pilipina ini memiliki program sarjana di lima jurusan, yakni Computer Science, Engineering, Business Management, Health Science, Education, dengan sembilan program studi (Prodi). Adapun tiga diantaranya memiliki program magister.

Baca juga: Politeknik Negara Ketapang Bangun Vokasi dari Desa

"CSPC memiliki mahasiswa lebih dari 5.000 orang, kami berharap kolaborasi ini kian intensif jika Covid-19 sudah mereda," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.