Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Pengawas Sekolah dan Strategi Menjaga Kualitas Pendidikan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 09/10/2020, 13:58 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nurhasni | Pengawas SMP Kabupaten Siak, Riau

KOMPAS.com - Pastinya kita berharap, kualitas pembelajaran di masa pandemi yang bertopang pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak boleh mengalami stagnasi apalagi penurunan. 

Dalam hal ini, pengawas sekolah memiliki peran penting untuk memastikan kualitas pembelajaran bisa tetap terjaga meski dilakukan di tengah pandemi.

Seperti halnya pembelajaran, pandemi Covid-19 mengharuskan pengawas sekolah juga melaksanakan tugas supervisi secara jarak jauh.

Terkait hal ini, pengawas sekolah juga harus beradaptasi dan mengubah strategi dalam melakukan supervisi akademik.

Pengawas dituntut untuk mampu mendesain pada situasi nontatap muka. Hal ini dilakukan agar kesinambungan kontrol mutu sekolah terus bergulir sehingga tak ada alasan untuk tidak melakukan supervisi.

Baca juga: Psikolog: Jaga Kesehatan Mental Saat PJJ dengan 8 Cara Ini

Belajar dari Kabupaten Siak

Di Kabupaten Siak pembelajaran jarak jauh menggunakan berbagai cara seperti memanfaatkan daring yaitu Google Classroom, Zoom, WhatsApp Group (WAG), dan lainnya.

Selain daring, sekolah di Kabupaten Siak juga menggunakan luring untuk peserta didik yang tidak memungkinkan belajar secara online. Misalnya dengan mengunjungi peserta didik di rumah atau dengan membuat posko pengumpulan tugas.

Dalam implementasinya proses pembelajaran di Kabupaten Siak menggunakan kanal YouTube DSB (Disdikbud Siak Bedelau). YouTube DSB dikembangkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak bekerja sama dengan Tanoto Foundation.

Guru yang mengajar di kanal YouTube DSB merupakan utusan dari setiap kecamatan untuk semua mata pelajaran. Semua tugas guru dan proses pembelajaran kemudian dimuat di portal Siak Bedelau.

Proses supervisi yang dilakukan pengawas harus menyesuaikan dengan pola pembelajaran jarak jauh.

Model supervisi harus adaptif terhadap perubahan yang terjadi dalam pembelajaran, seperti pola dan pendekatan, strategi dan metode, alat atau perangkat yang digunakan, pengelolaan lingkungan belajar dan penilaian yang dilakukan.

Dua strategi supervisi

Hal utama yang berubah dalam supervisi akademik dilaksanakan dengan jarak jauh. Cara yang dilakukan Kabupaten Siak dalam supervisi akademik oleh pengawas sekolah sebagai berikut:

1. Diskusi

Dalam pembelajaran daring, sehari sebelum mengajar di channel YouTube DSB, pengawas membimbing guru melalui kegiatan simulasi yang dilaksanakan dua kali pertemuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com