Beasiswa Chevening Dibuka, Ini Syarat dan Tautannya

Kompas.com - 10/10/2020, 08:13 WIB
Scholarship Alumni Coordinator British Embassy Jakarta, Rowena Rompas memaparkan terkait Beasiswa Chevening 2020/2021. Webinar Beasiswa CheveningScholarship Alumni Coordinator British Embassy Jakarta, Rowena Rompas memaparkan terkait Beasiswa Chevening 2020/2021.

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Chevening di 2020/2021 akan ditutup per 3 November 2020, di mana pembukaan pendaftarannya telah berjalan sejak 3 September 2020. Beasiswa yang bisa didapatkan terkait media dan human rights atau hak asasi manusia (HAM).

" Beasiswa chevening ini adalah beasiswa pemerintah Inggris. Beasiswa ini boleh melamar di semua universitas yang berada di United Kingdom (UK), yakni di empat negara, seperti Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara," ucap Scholarship Alumni Coordinator British Embassy Jakarta, Rowena Rompas dalam acara webinar pada Jumat (9/10/2020).

Baca juga: 1.327 Mahasiswa Raih Beasiswa Jabar Future Leaders 2020

Rowena mengatakan dana beasiswa diperoleh dari Foreign Commonwealth and Development Office (FCDO) dan beberapa partner organisasi.

Sebelumnya, beasiswa Chevening ini juga pernah berpartner dengan Kominfo, CIMB Niaga, dan Prudential. Beasiswa kali ini, biasanya Indonesia akan memperoleh kuota untuk 50-70 orang.

Beasiswa Chevening, kata dia, telah terselenggara di 160 negara dan teritorial. Biasanya beasiswa ini akan dikejar bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan S2 atau Magister.

"Program di UK ini pendek yah, master degree cuma satu tahun dan boleh di semua universitas yang satu tahun di UK. Jadi bagi yang akan mengambil program 2 tahun, misal mau ambil S2 di bidang kedokteran klinik, kalau satu tahun itu dimungkinkan, kalau dua tahun tidak dimungkinkan," jelas dia.

Lanjut dia menyebutkan, beasiswa ini akan diberikan bagi mereka yang memiliki ambisi untuk menjadi pemimpin. Dalam hal ini, mereka yang bisa merubah kehidupan dari hal yang kecil sampai besar.

"Yang dapat beasiswa juga harus punya later belakang cukup baik dan pyunya strong interpersonal skill, jadi bisa menjadi pemimpin dan influencer," tegas dia.

Setelah proses penutupan pendaftaran, lanjut dia, maka mereka yang lolos dalam mengirimkan aplikasi akan diberitahukan di sepanjang November - Desember 2020. Bila dinyatakan lolos, maka akan ada panggilan interview di Februari 2021.

"Proses interview akan dilakukan di sepanjang Maret - Mei 2021. Dan pengumummanya di Juni 2021," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X