Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poltesa Beri Bantuan Beasiswa untuk Masyarakat Desa Sebayan

Kompas.com - 08/10/2020, 23:15 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mengaku bakal memberikan beasiswa kepada masyarakat Desa Sebayan bila ingin melanjutkan pendidikan setelah lulus dari SMA atau SMK. Hal ini dilakukan demi memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar lingkungan kampus Poltesa.

"Kami minta bantuan kepada Kepala Desa (Kades) Sebayan, jika ada masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan berasal dari keluarga tidak mampu, kita akan berikan beasiswa kuliah di Poltesa," kata Direktur Poltesa Mahyus dalam keterangannya, melansir laman poltesa.ac.id, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Politeknik Negeri Cilacap Latih Pedagang Bahasa Inggris

Mahyus mengharapkan komunikasi antara Poltesa dengan masyarakat Desa Sabayan bisa berjalan dengan baik. Dengan begitu, bisa terjalin kerjasama banyak hal yang bisa dibangun, demi menimbulkan dampak positif bagi masyarakat sekitar kampus.

Ketua Tim SBSN Poltesa, Erik Darmansyah menyatakan, proses pembangunan Gedung Kuliah Terpadu II Poltesa sedang berjalan. Pembangunan itu dilaksanakan dengan menyiapkan tenaga kerja lokal dari masyarakat Desa Sebayan.

Erik juga mengingatkan, bila pihak pelaksana pembangunan untuk selalu berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Paling penting, yakni melengkapi data pekerja untuk memberikan jaminan kesehatan terkait Covid-19.

"Lengkapi data pekerja ke Kades Sebayan dan hubungi Dinas Kesehatan terkait test Covid-19 bagi para pekerja proyek yang akan membangun gedung II di Poltesa," tegas Erik.

Jangan terjadi kesenjangan sosial

Kepala Desa Sebayan, Al-Insan menegaskan, adanya tenaga kerja lokal di pembangunan Gedung Kuliah Terpadu II Poltesa, agar tidak terjadinya potensi kesenjangan sosial. Karena ditakutkan banyak tenaga kerja yang didatangkan dari luar Desa Sebayan.

"Makanya kita minta Poltesa melibatkan masyarakat setempat sebagai tenaga kerja lokal. Kami juga meminta jaminan bila seluruh pekerja proyek pembangunan bebas dan aman dari Covid-19," jelas Al-Insan.

Mahyus menambahkan, bila ada permasalahan dan kekeliruan yang terjadi antara Poltesa dengan masyarakat Desa Sebayan, bisa diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat.

Baca juga: Politeknik Negara Ketapang Bangun Vokasi dari Desa

"Kami mohon masyarakat Desa Sebayan dapat memberikan dukungan kepada Poltesa, dukungan itu dalam segala hal," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com