Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2? Segera Siapkan 5 Berkas Ini

Kompas.com - 16/04/2024, 14:10 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Lembaga Pendidikan (LPDP) 2024 Tahap 1 telah ditutup. Namun, LPDP membuka kesempatan kedua lewat beasiswa LPDP Tahap 2 yang dibuka sekitar bulan Juni 2024.

Meski baru akan dibuka pada Juni mendatang, peserta wajib mempersiapkan berkas dari sekarang agar tidak ada yang terlewat dan tertinggal. Masih ada waktu 3-4 bulan lagi, peserta bisa mempersiapkan sertifikasi bahasa seperti IELTS agar skor lebih maksimal.

Baca juga: Kapan Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka?

Peserta yang akan mendaftar beasiswa LPDP, perlu mempersiapkan berkas-berkas penting sebagai berikut:

1. Esai

Salah satu syarat penting yang harus dilengkapi adalah esai. Esai yang dapat mendukung untuk lolos beasiswa LPDP harus powerful atau kuat. Isi dari esai harus bermakna, peserta dapat mencantumkan hal berikut dalam esai.

  • Perkenalan diri, pengalaman kerja, dan prestasi yang relevan.
  • Komitmen kembali ke Indonesia
  • Rencana kontribusi di Indonesia pasca studi
  • Esai berisi 1500 - 2000 kata

2. Sertifikat IELTS

Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, tentunya membutuhkan sertifikat tes bahasa yang relevan. Pada beasiswa LPDP, sertifikat bahasa yang dibutuhkan adalah IELTS.

Skor IELTS harus memenuhi syarat universitas yang dituju untuk bisa lolos. Biasanya, rata-rata skor yang diminta adalah 6.5 - 7.0.

3. Surat rekomendasi

Surat rekomendasi bisa didapatkan dari tokoh masyarakat, akademisi/dosen, ataupun atasan kerja. Jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi yang menjelaskan kemampuan diri peserta dari berbagai sudut pandang.

Surat rekomendasi dapat disampaikan dengan dua cara, yaitu surat rekomendasi online form dan surat rekomendasi offline form.

Baca juga: Jadwal Tes Substansi Beasiswa LPDP 2024, Simak Kisi-kisinya

4. LoA (Letter of Acceptance)

Meski sifatnya tidak wajib, melampirkan LoA dari universitas yang ada di daftar kampus LPDP tujuan dapat membantu peserta mendapatkan nilai plus. Selain itu, jika peserta melampirkan LoA, peserta dapat melewati satu tahap seleksi yaitu tes skolastik.

5. Dokumen pendukung

Setelah memastikan berkas-berkas penting di atas, dokumen pendukung berikut tak kalah penting dan dapat menjadi poin plus kalau tidak terlewat.

Baca juga: Program Baru LPDP 2024 yang Jadi Prioritas, Persiapan Daftar Tahap 2

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan ijazah dan transkrip nilai
  • Dokumen penyetaraan ijazah dan konversi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) atau Kementerian Agama (Kemenag) bagi lulusan luar negeri.
  • Surat pendaftaran pada aplikasi pendaftaran
  • Surat usulan dari pejabat yang membidangi Sumber Daya Manusia (untuk pendaftar PNS/TNI/POLRI)
  • Proposal penelitian (untuk pendaftar S3)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com