Kuliah Perdana Mahasiswa FKOR UNS Hadirkan Indra Sjafri, Ini Pesannya

Kompas.com - 02/10/2020, 09:46 WIB
Pelatih timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri. KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNGPelatih timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri.
|

KOMPAS.com - Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, namun mahasiswa Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta mengikuti kuliah secara daring.

Namun, kuliah perdana bagi mahasiswa Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS terasa spesial. Sebab menghadirkan Pelatih Tim Nasional ( Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23, Indra Sjafri.

Kuliah perdana sepak bola bagi mahasiswa FKOR itu digelar melalui Zoom Cloud Meeting, Rabu (30/9/2020) sore. Indra Sjafri menyempatkan diri meski tengah sibuk mendampingi skuad Timnas Indonesia U-19 yang sedang mengikuti pemusatan latihan bersama di Kroasia.

Pada kesempatan itu, Coach Indra, sapaan Indra Sjafri berbagi ilmu dan pengalaman seputar kepelatihan keolahragaan yang pernah ia jalani.

Baca juga: Webinar UNS: Ini Tips Kelola Keuangan Mahasiswa

"Saya dulu kerja di kantor pos dan sempat jadi kepala distribusi di bandara. Tapi karena itu bukan passion saya, akhirnya saya memutuskan untuk menekuni bidang sepak bola," ujar Coach Indra dikutip dari laman UNS.

Pekerjaan harus sesuai passion

Menurut Indra, dia memilih terjun di dunia sepak bola pada 2007 karena sesuai dengan passion. Ternyata, dia juga sudah lekat dengan dunia kulit bundar karena pernah berprofesi sebagai pemain.

Sepanjang tahun 1979-1990, Indra Sjafri mengawali kariernya sebagai pemain di Machudum Football Club dan dilanjutkan pada 1980-1981 di PSP Padang.

Walaupun pernah menjadi pemain sepak bola, Indra Sjafri mengatakan pengalaman seorang pemain untuk menjadi pelatih sepak bola tidaklah cukup.

Seorang pelatih sepak bola bisa mencetak pemain-pemain hebat harus dibekali dengan pengetahuan dan kompetensi yang mumpuni.

Hanya saja, menyinggung soal profesi kepelatihan, Indra Sjafri, menyoroti bahwa di Indonesia masih kekurangan jumlah pelatih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X