Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Beri Paket Data dan Pengajaran Teknologi pada SLB Balikpapan

Kompas.com - 24/09/2020, 18:27 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Proses belajar mengajar akibat pandemi COVID-19 juga mengakibatkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) harus belajar dari rumah.

Namun dengan beralih ke sistem daring, hal tersebut menjadi tantangan bagi komponen pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Balikpapan untuk beradaptasi dengan pengajaran berbasis teknologi.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian kami agar sistem belajar mengajar dapat terus terlaksana dengan baik,” Sales Region Manager VI Didik Setyo Nugroho pada Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Perhatikan Pendidikan Seks Tunagrahita, Kemendikbud Luncurkan Modul PKRS

PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region VI membantu SLB dengan memberikan bantuan paket data untuk guru dan siswa. Selain itu, Pertamina juga memberikan voucher BBK yang bisa digunakan untuk pembelian bahan bakar minyak.

“Kami berharap dengan bantuan paket data dan voucher BKK dapat meringankan pekerjaan para guru dalam menjalakan tugas mulianya, terlebih ketika home visit kepada siswa yang memang tidak dapat melakukan pembelajaran secara online," ungkap Didik.

Berdasarkan hasil riset Suara Disabilitas dari Indonesia untuk 128 anak penyandang disabilitas, 67,9 persen dari mereka menyatakan kesulitan untuk mengikuti metode belajar online.

Terlebih dalam masa pandemi ini, tidak semua orangtua maupun pembimbing penyadang disabilitas memiliki kecakapan mengajar seperti guru di SLB.

Maka dari itu, beberapa SLB di Balikpapan menerapkan home visit untuk pembelajaran siswanya.

Pengajaran teknologi untuk adaptasi

Namun tidak bisa dihindari bahwa setiap orang harus beradaptasi dengan sistem digitalisasi, terutama saat masa pandemi COVID-19 dan revolusi industri 4.0, di mana internet menjadi segalanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com