Integrasi Teknologi dalam Pembinaan Mahasiswa, UT Gelar "Disporseni Nasional 2020"

Kompas.com - 20/08/2020, 10:47 WIB
Pembukaan Diskusi, Pekan Olah Raga, dan Seni Universitas Terbuka (Disporseni) Nasional 2020 (18/8/2020), bagian dari rangkaian kegiatan UT ke-36.  DOK. UTPembukaan Diskusi, Pekan Olah Raga, dan Seni Universitas Terbuka (Disporseni) Nasional 2020 (18/8/2020), bagian dari rangkaian kegiatan UT ke-36.

KOMPAS.com - Pandemi global semestinya tidak menghentikan langkah pendidikan tinggi mendorong mahasiswanya tetap kreatif dan meraih prestasi, termasuk mengembangkan potensi diri secara akademik maupun nonakademik.

Semangat inilah coba ditularkan Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar agenda tahunan yakni kegiatan Diskusi, Pekan Olah Raga, dan Seni Universitas Terbuka (Disporseni) Nasional 2020 di tengah pandemi Covid-19.

"Jangan sampai ketika kita dihadapkan pada masalah pandemi covid-19 lalu kita kehilangan kesempatan untuk pembinaan mahasiswa kita dalam bidang olah raga, seni, atau bidang lainnya," tegas Rektor UT Prof. Ojat Darojat pada pembukaan "Disporseni Nasional UT 2020" (18/8/2020).

Rektor UT menambahkan, "Kita harus terus berjuang dan berusaha, harus ada upaya-upaya kreatif yang kita lakukan penyaluran minat bakat mahasiswa di bidang olah raga, seni dan lainnya."

Baca juga: Kemendikbud Upayakan Bantuan Gawai dan Pulsa untuk Mahasiswa Daerah 3T

Dorong sportivitas dan kreativitas 

Terkait hal itu, melalui rilis resmi Sri Sediyaningsih, kepala Hubungan Internasional dan Kemitraan UT menjelaskan Disporseni Nasional 2020 untuk kali pertama kali dilakukan secara daring memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi.

Ia menjelaskan gelaran yang bertujuan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa ini tahun ini mengusung tema “Sportivitas dan Kreativitas Mahasiswa di Era Siber”.

"Tema ini dipilih karena di tengah- tengah kemajuan TIK mahasiswa dituntut untuk selalu kreatif dengan tetap menjunjung tinggi jiwa sportivitas," ungkapnya.

Tahun ini, Disporseni UT diikuti sebanyak 1.602 atlet yang diantaranya juga terdapat 132 peserta dari PTN/PTS undangan.

Sebanyak 11 dari 16 cabang dipertandingkan secara nasional dengan mengundang 30 PTN/PTS di Indonesia, sedangkan 5 cabang lainnya dilombakan secara internal.

Sebanyak 16 jenis kompetisi digelar antara lain; Debat Bahasa Inggis, Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Poster Edukatif, Seni Tari, Seni Suara, Seni Foto, Paduan Suara, Master of Ceremony (MC).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X