Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Perhatikan 3 Aspek Ini Sebelum Pilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 11/08/2020, 13:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk kampus negeri tentu harus mengikuti rangkaian seleksi. Ada jalur SNMPTN, SBMPTN, atau jalur seleksi mandiri.

Khusus para pendaftar SBMPTN, UTBK-SBMPTN 2020 bakal diumumkan pada Jumat 14 Agustus 2020. Jika kamu tidak lolos, maka masih bisa ikut jalur Seleksi Mandiri.

Tetapi jika belum beruntung, maka kamu masih bisa kuliah di kampus swasta yang tak kalah bagus kualitas pendidikannya.

Baca juga: Bingung Pilih Jurusan? Coba Tes Kepribadian Gratis dari Sekolahmu Ini

Tentunya, kamu harus menentukan jurusan atau program studi apa yang akan diambil. Bagi calon mahasiswa baru tentu hal ini penting karena dapat berdampak pada masa depan mahasiswa itu sendiri.

Tidak hanya itu, memilih jurusan kuliah juga tidak sekedar melihat dari tingginya passing grade atau peminat dari suatu jurusan, tapi ada faktor lain yang harus dipahami oleh calon mahasiswa.

Khususnya yang ingin masuk ke kampus negeri, maka harus dipertimbangkan dengan matang. Jurusan atau prodi apa dan kampus mana yang akan diambil.

Melansir laman resmi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Unesa membagikan 3 tips jitu dalam memilih jurusan kuliah.

Hal itu disampaikan Dosen Bimbingan Konseling Unesa, Arie Khusumadewi, M.Pd. Bagi dia, memilih jurusan harus melihat dari 3 aspek yang disingkat menjadi KPK, yaitu:

1. K, Kemampuan

2. P, Passion (minat)

3. K, Kebutuhan pasar

Jadi, ada tiga hal yang harus dipahami para calon mahasiswa. Tentu agar nantinya tidak salah jurusan dan menyesal dikemudian hari.

"Memilih jurusan bukan dilihat dari tingginya passing grade atau peminat ke jurusan tersebut, melainkan pertama yang harus dilihat ialah kemampuan diri sendiri," katanya.

Namun jika sudah mengetahui kemampuan, maka tinggal mengasah minat. Sebab, minat mudah diubah terutama calan mahasiswa.

Info pengumuman SBMPTN 2020 di Harian Kompas edisi, Sabtu 15 Agustus 2020.DOK.Kompas Info pengumuman SBMPTN 2020 di Harian Kompas edisi, Sabtu 15 Agustus 2020.

Dijelaskan, setiap mahasiswa yang kuliah nanti tujuan akhirnya ialah untuk mendapatkan pekerjaan.

Maka dari itu, mahasiswa harus tahu kebutuhan pasar yang dibutuhkan. Sehingga, saat lulus kuliah dapat dengan mudah mendapat pekerjaan.

"Tapi, agar mendapat jurusan yang tepat, maka harus tenang dalam memilih. Mental juga harus tenang," ucapnya.

Baca juga: Ingin Kuliah UGM? Berikut Cara Daftar Seleksi Mandiri 2020

Jika kamu salah satu peserta SBMPTN 2020, maka simak pengumuman SBMPTN 2020 di Harian Kompas edisi, Sabtu 15 Agustus 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com