KIP Kuliah Bantu UKT/SPP bagi Mahasiswa Aktif, Ini Syaratnya

Kompas.com - 08/07/2020, 11:33 WIB
Info bantuan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah yang terdampak pandemi. Tangkapan layar Instagram KIP KuliahInfo bantuan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah yang terdampak pandemi.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membawa dampak luar biasa di segala sektor. Tak terkecuali di dunia pendidikan tinggi. Banyak orang tua mahasiswa yang terdampak dan terkendala masalah pembiayaan kuliah anaknya.

Namun, bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah ada kabar baik. Sebab, akan ada bantuan bagi mahasiswa yang terdampak pandemi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayan ( Kemendikbud) melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan akan memberikan bantuan biaya UKT/SPP bagi mahasiswa.

Baca juga: Ikut UTBK di ITS, Pemegang KIP Kuliah Jatim Gratis Rapid Test

Khususnya bagi mahasiswa semester 3, 5 dan 7 yang mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19.

Melansir akun resmi Instagram KIP Kuliah, Sabtu (4/7/2020), bantuan ini sebagai implementasi dari arah kebijakan pendidikan tinggi.

Tentunya untuk mengantisipasi dampak Covid-19 serta perluasan cakupan mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah.

Pemerintah Indonesia memberikan bantua pendidikan UKT/SPP untuk mahasiswa semester 3, 5 dan 7 pada Tahun Ajaran 2020/2021.

Syarat penerima bantuan

1. Mahasiswa yang orang tua/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19 dan tidak sanggup membayar UKT/SPP semester gasal tahun akademik 2020/2021.

2. Mahasiswa yang tidak sedang dibiayai oleh program Bidikmisi atau program beasiswa lainnya untuk membiayai UKT/SPP secara penuh atau sebagian.

3. Mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan di semester 3, 5 dan 7.

Mahasiswa ini akan memperoleh bantuan UKT/SPP maksimal sebesar Rp 2,4 juta selama satu semester pada Semester Gasal Tahun 2020.

Adapun informasi detil terkait program ini dapat diperoleh di perguruan tinggi masing-masing mulai Senin 6 Juli 2020.

Jadi, bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah dan butuh bantuan pendidikan ini bisa menghubungi masing-masing kampus.

Baca juga: Update UTBK-SBMPTN 2020: 102.095 Siswa KIP Kuliah Telah Mendaftar

Harapannya, pandemi Covid-19 ini tak menjadi halangan mahasiswa untuk terus menuntut ilmu di jenjang pendidikan tinggi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X