Kompas.com - 06/05/2020, 08:42 WIB
Cerita napak tilas Maman dan Adra, cerita di balik skripsi Maman, juga kisah Re: dan Herman itu sendiri, melebur dalam novel baru berjudul Re;nkarnasi (KPG, 2020). DOK. KPGCerita napak tilas Maman dan Adra, cerita di balik skripsi Maman, juga kisah Re: dan Herman itu sendiri, melebur dalam novel baru berjudul Re;nkarnasi (KPG, 2020).

Oleh: Udji Kayang | Penerbit KPG

KOMPAS.com - Pada mulanya adalah skripsi dengan judul "Pola Pemerasan dalam Kepelacuran Lesbian di Wilayah Jakarta Pusat", 1987–1989, penanda kelulusan Maman Suherman dari Jurusan Kriminologi, Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, 30 tahun silam.

Pada April 2014, naskah skripsi itu diterbitkan oleh POP, lini penerbit Kepustakaan Populer Gramedia. Uniknya, naskah skripsi Maman bukan terbit sebagai buku nonfiksi akademis nan ilmiah, melainkan novel.

Mengapa novel? "Terlalu perih," tulis Maman, "penerbit bukuku tak menyetujui. Kisah nyata itu diminta diolah menjadi fiksi."

Realitas prostitusi lesbian yang diteliti Maman dirasa mengerikan. Selain itu, skripsi adalah kumpulan data, dan prostitusi lesbian adalah isu kemanusiaan yang akan lebih baik bila disampaikan dengan cara lain: melalui cerita.

Baca juga: Hardiknas, Pandemi Corona, dan Belajar dari Pendidikan Finlandia

Kelahiran "Re:"

 

Maka, lahirlah "Re:", novel yang bagi Maman adalah penunaian amanah dari Re:. "Tulis apa adanya, kabarkan tentangku dan tentang duniaku. Agar tak ada lagi kaum ibu yang bernasib sepertiku.”

Dua tahun kemudian, "peREmpuan" (2016) terbit sebagai kelanjutan "Re:". Dua novel itu dibaca banyak orang, salah satunya Hayuning Sumbadra, seorang fashion designer yang peka terhadap isu perempuan, anak, dan kesetaraan gender.

Maman menulis, “Setelah kepergianmu/ tiga dasawarsa/ aku bertemu/ Hayuning Sumbadra.// Seusia denganmu/ tak henti teteskan air mata/ saat cerita tentangmu/ tuntas dia baca.”

Maman kemudian mengajak Adra, sapaan Hayuning Sumbadra, menapak tilas ruang-ruang yang Re: singgahi berpuluh tahun silam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X