Kompas.com - 05/05/2020, 22:30 WIB
Didi Kepot tampil di acara Kemendikbud yaitu Pekan Kebudayaan Nasional, Oktober 2019. Dok. Dokumentasi PKN 2019, Ditjen Kebudayaan KemendikbudDidi Kepot tampil di acara Kemendikbud yaitu Pekan Kebudayaan Nasional, Oktober 2019.

KOMPAS.com - Sosok musik campur sari, Dionisius Prasetyo atau lebih dikenal dengan nama Didi Kempot juga pernah bersinggungan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Didi Kepot terakhir kali tampil di acara Kemendikbud yaitu Pekan Kebudayaan Nasional, Oktober 2019.

Saat itu, Didi Kempot berhasil menggoyang Panggung Siger pada hari keempat Pekan Kebudayaan Nasional 2019. Lebih dari 40ribuan Sobat Ambyar, penggemar Didi, memadati Parkir Selatan di sisi Istora Senayan.

Di depan panggung itu, mereka memadati arena sambil asyik berjoget. Didi Kempot juga berencana tampil kembali pada Pekan Kebudayaan Nasional 2020 mendatang.

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian penyanyi legendaris ini.

“Inna lillahi Wa Inna ilaihi roji'un, selamat jalan untuk mas Didi, karya-karyamu membanggakan, kami keluarga besar Direktorat Jenderal Kebudayaan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, karyamu akan selalu kami kenang,” ungkap Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Didi Kempot dan Kedekatannya dengan Negara Suriname

Hilmar Farid menilai Didi Kempot sebagai sosok seniman yang berbakat dan punya jiwa sosial tinggi. Hilmar juga mengatakan sikap Didi Kempot yang mengajak gotong royong dan kreativitasnya dalam bermusik merupakan hal baik bagi Indonesia.

“Inisiatif gotong royong kemanusiaan almarhum Didi Kempot sangat dihargai, dan sumbangan kreatif almarhum dalam dunia musik Indonesia sangat dihormati oleh semua kalangan,” jelasnya.

Didi Kempot dikenal sebagai sosok seniman yang sangat peduli kepada lingkungan sekitarnya. Sebelum meninggal dunia, IA sempat menggelar konser amal rumah bersama Kompas TV dan berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 7,6 milyar.

Seluruh donasinya untuk guna membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Didi Kepot tampil di acara Kemendikbud yaitu Pekan Kebudayaan Nasional, Oktober 2019. Dok. Dokumentasi PKN 2019, Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Didi Kepot tampil di acara Kemendikbud yaitu Pekan Kebudayaan Nasional, Oktober 2019.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X