Kompas.com - 27/04/2020, 16:05 WIB

Oleh: Aprilia Ramadhani/Penerbit KPG

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, orangtua jadi memiliki waktu lebih banyak di rumah bersama dengan anak. Waktu ini bisa dimanfaatkan dengan kegiatan membaca buku bersama anak.

Membaca buku sangat banyak manfaatnya bagi anak, antara lain kemampuan komunikasinya akan meningkat dan mampu berpikir kritis sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan tepat.

Keterampilan membaca buku juga berguna saat menjalani pendidikan formal, maka itu mulai menanamkan cinta membaca sedini mungkin adalah langkah tepat.

Berikut 7 tips dan trik dari Chitra Astriana, penulis buku Seri Balita Cerdas, yang diterbitkan Kiddo (lini buku anak di Penerbit Kepustakan Populer Gramedia) pada Maret 2020.

Selain menulis buku, ibu satu putri ini juga penulis lagu anak, pendongeng, dan co-founder kanal Youtube Lagu Anak Indonesia Balita dengan 3,8 juta subscribers.

Baca juga: Libur di Rumah, Penuhi Inspirasi Lewat eBook Terlaris versi Gramedia Ini

1. Pilih buku yang tepat

Dalam memilih buku, Chitra memiliki tiga pertimbangan. Pertama, buku seperti apa yang disukai anak, misalnya dari segi gambar, cerita, warna, tokoh, dan sebagainya.

Kedua, kebutuhan anak, misalnya saat ini si anak sedang belajar warna atau angka, maka bisa dipilihkan tema seperti itu. Ketiga, nilai-nilai yang ingin orangtua tanamkan kepada anak, misalnya nilai-nilai karakter.

Ketiga pertimbangan ini bisa berubah seiring dengan perkembangan anak. Dibutuhkan pengamatan orangtua secara berkelanjutan untuk memilih buku yang tepat untuk anak.

2. Gunakan variasi vokal

Saat membacakan buku, perhatikan intonasi suara supaya anak bisa mengikuti jalan ceritanya dan tidak bosan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.