Dosen Unair Bagikan 4 Tips Bisnis Kuliner Ramadhan di Tengah Corona

Kompas.com - 27/04/2020, 10:22 WIB
Ilustrasi Takjil puasa. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)Ilustrasi Takjil puasa.
|

KOMPAS.com - Setiap bulan Ramadhan, banyak bermunculan bisnis kuliner dadakan. Bisnis musiman ini sudah menjadi hal yang wajar karena orang selalu butuh makanan dan minuman.

Hanya saja, bagaimana bisnis musiman ini dijalankan di tengah pandemik virus corona atau Covid-19? Apakah bisa berjalan dengan baik? Atau justru tidak laku?

Jangan khawatir, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) Dr. Tri Siwi Agustina, SE, M.Si membagikan tips atau strategi usaha kuliner pada Bulan Ramadhan meskipun di tengah pandemik Covid-19.

Baca juga: Tips Menjaga Imun Tubuh dari Akademisi UGM

Akademisi Unair ini menjelaskan ada 4 tips yang bisa dilakukan produsen atau penjual. Ini tips bisnis kuliner di Bulan Ramadhan:

1. Fokus yang paling dicari

Ketika bulan suci Ramadhan ini, produk kuliner yang dicari konsumen adalah gorengan, kue, makanan siap saji, aneka minuman segar, hingga frozen food.

Namun, pada saat pandemik Covid-19 seperti sekarang ini, jenis minuman yang dicari pasti akan bertambah. Terutama minuman berbahan dasar buah atau rempah yang dipercaya meningkatkan imunitas tubuh.

"Minuman seperti wedang jahe kunyit lemon, wedang uwuh, atau wedang sarabba pasti akan sangat dicari," kata Siwi seperti dikutip dari laman resmi Unair, Minggu (26/4/2020).

2. Pelajari perilaku konsumen

Walaupun sedang ada wabah virus corona, tetapi sifat konsumerisme masyarakat tetap tinggi. Hanya saja ada beberapa hal yang berbeda.

Konsumen lebih mengurangi intensitas keluar rumah, sehingga beralih ke pembelian dalam jaringan (daring) atau online.

Maka, produsen kuliner harus memaksimalkan ponsel pintar untuk aktivitas penjualan. Selain itu, konsumen pada kondisi pandemik mengutamakan kuliner yang menyediakan jasa layan antar atau bawa pulang (take away).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X