17 Strategi Sekolah dan Kampus Jepang Hadang Wabah Corona

Kompas.com - 19/03/2020, 18:45 WIB
Kansai University, Jepang DOK. PIXABAYKansai University, Jepang

KOMPAS.com - Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) memberikan beberapa rekomendasi terkait dengan kebijakan dalam menanggulangi COVID-19 di Indonesia.

Rekomendasi diberikan berdasarkan pengalaman langsung ilmuwan diapora yang berdomisili di beberapa negara terdampak wabah corona atau Covid-19 yakni Singapura, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Jerman dan Italia.

"Rekomendasi ini berisi pengalaman langsung para Diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai belahan dunia dalam menghadapi wabah Covid-19 di masing-masing negara di mana mereka tinggal," ujar Ketua Umum I-4 Periode 2020-2022 Muhammad Aziz dari University of Tokyo, Jepang melalui rilis resmi (16/3/2020).

Baca juga: Belajar dari Korea Selatan, Ini Rekomendasi Ilmuwan Diaspora Tangani Corona

Sastia Prama Putri dari Osaka University berharap rekomendasi ini dapat menjadi informasi dan pembelajaran bagi pemerintah maupun masyarakat Indonesia dalam menghadapi wabah virus corona.

"Semoga Indonesia dan dunia bisa keluar dari wabah Covid-19," ujar Sastia.

Berdasarkan rilis resmi tersebut, berikut gambaran singkat bagaimana sekolah dan universitas di Jepang melakukan langkah-langkah strategis dalam penanganan wabah corona.

Strategi sekolah Jepang

1. Pemerintah telah mengeluarkan permintaan kepada masing-masing sekolah (SD hingga SMA) pada tanggal 27 Februari 2020 untuk meliburkan sekolah hingga libur musim semi (kenaikan kelas).

2. Pada umumnya SD, SMP dan SMA memenuhi permintaan dari pemerintah, dan meliburkan sekolah mulai dari 2 Maret 2020. Beberapa sekolah di daerah yang masih belum terjangkit Covid-19 masih melakukan aktifitas belajar mengajar meski dengan selalu melihat kondisi.

3. Beberapa sekolah juga membuka untuk kelas 1-3 SD, bagi yang orangtuanya tidak bisa menjaga anak-anaknya sekolah, siswa dibolehkan datang ke sekolah untuk dititipkan.

4. Di dalam sekolah, guru akan mengatur interaksi masing-masing siswa untuk tidak
berdekatan kurang dari 1 meter.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X