Kompas.com - 17/03/2020, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) memberikan beberapa rekomendasi terkait dengan kebijakan dalam menanggulangi COVID-19 di Indonesia.

Rekomendasi diberikan berdasarkan pengalaman langsung ilmuwan diapora yang berdomisili di beberapa negara terdampak wabah corona atau Covid-19 yakni Singapura, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Jerman dan Italia.

"Rekomendasi ini berisi pengalaman langsung para Diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai belahan dunia dalam menghadapi wabah Covid-19 di masing-masing negara di mana mereka tinggal," ujar Ketua Umum I-4 Periode 2020-2022 Muhammad Aziz dari University of Tokyo, Jepang melalui rilis resmi (16/3/2020).

Sastia Prama Putri dari Osaka University berharap rekomendasi ini dapat menjadi informasi dan pembelajaran bagi pemerintah maupun masyarakat Indonesia dalam menghadapi wabah virus corona.

"Semoga Indonesia dan dunia bisa keluar dari wabah Covid-19," ujar Sastia.

Baca juga: Belajar dari Korea Selatan, Ini Rekomendasi Ilmuwan Diaspora Tangani Corona

Berdasarkan rilis resmi tersebut, berikut gambaran singkat penanganan virus corona di Sinagpura dan rekomendasi yang dirangkum I-4 Singapura, Prof. Andrivo Rusydi (National University of Singapore) dan Dr. Guntur Fibriansyah (Duke-NUS):

Akses publik dan informasi

1. Mewajibkan pengukuran dan pelaporan suhu tubuh (2 kali sehari) untuk semua yang aktif bekerja, baik pemerintahan maupun swasta.

2. Diharuskan mengambil foto dari termometer tersebut dan di-upload ke situs web yang sudah ditentukan. Ada pengecekan secara acak oleh pihak pemerintah atas kepatuhan ini.

3. Merotasi kerja karyawan, sebagian kerja di rumah dan sebagian kerja di kantor.

4. Pemberitahuan intensif lewat semua media (TV, radio, pernyataan pejabat publik, dan lainnya) untuk edukasi berbagai hal berkaitan virus corona, di antaranya: cara menggunakan masker, cara mencuci tangan, menjaga jarak dan lainnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.