Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuliah Umum Prodi Ilmu Komunikasi UBM: Media Penyampaian Pesan Menjadi Penting

KOMPAS.com - Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia (UBM) menggelar The UBM Studium Generale (TUSG) atau kuliah umum ke-11 mengangkat tema “Digital Society and Communication Power in Indonesia”.

Kegiatan rutin kuliah umum TUSG menjadi sarana bagi UBM untuk membuka pintu ilmu bagi sivitas akademikanya untuk dapat bertatap mata langsung dengan para ahli internasional di bidang ilmu terkait. 

Bulan Februari 2023, TUSG Series 11 menghadirkan Director Australian National University, Ross Tapsell. Sosoknya tidak asing karena pernah berkarier di Tanah Air sebagai seorang jurnalis.

Hal ini juga membuat pembawaan materi Ross begitu lekat dengan perjalanan perkembangan media dan hubungannya dengan Pemerintahan di Indonesia.

"Ilmu komunikasi banyak memfokuskan diri pada melakukan analisa konten. (Namun) McLuhan mengatakan saat ini yang terpenting konten melainkan teknologi. Digital menjadi mediumnya dan pesan menjadi sedemikian terpolarisasi," ungkap Ross Tapsell.

Karenanya, Ross menegaskan keberadaan media atau sarana dalam penyampaian pesan menjadi esensi pesan itu sendiri.

Ia juga mengingatkan pentingnya pemilihan, penggunaan, bahkan mengetahui kekuatan medium untuk menyampaikan pesan kepada audiens sehingga kemungkinan pesan tidak tersampaikan dengan baik dapat dihindari.

"Ini sebabnya, siapapun yang tertarik dan ingin terjun dalam dunia komunikasi wajib mempelajari bagaimana masyarakat di era digital ini memilih dan menggunakan teknologi dalam komunikasi sehari-harinya," pesannya.

"Dan bagaimana kegiatan komunikasi ini pun mampu memberikan pengaruhnya pada sebuah keputusan bahkan pilihan," tambah Ross.

Patricia Robin, Koordinator Humas The UBM Studium Generale menjelaskan gelaran kuliah umum UBM merupakan bentuk komitmen UBM dalam merespons perubahan yang terjadi. "UBM adalah universitas yang selalu tanggap atas perkembangan teknologi dan industri di era digital," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan selain kuliah umum, prodi Ilmu Komunikasi UBM memiliki berbagai mata kuliah yang kontekstual dengan keadaan saat ini seperti Event Management, Digital Customer Journey, Multimedia Editing, Digital Broadcasting.

"UBM juga memiliki hubungan baik dengan dunia industri sehingga memungkinkan mahasiswanya untuk melakukan internship bahkan langsung disambut bekerja diperusahaan terkait setelah wisuda," pungkas Patricia.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/08/145504871/kuliah-umum-prodi-ilmu-komunikasi-ubm-media-penyampaian-pesan-menjadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke