Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 5 Rekomendasi Film bagi Mahasiswa yang Sedang Tak Semangat Kuliah

KOMPAS.com - Saat menjalani perkuliahan, mahasiswa bisa saja mengalami kondisi dan suasana hati yang pasang surut.

Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, kegiatan perkuliahan juga belum semuanya kembali normal.

Sebagian mahasiswa harus tetap menjaga semangat selama mengikuti perkuliahan online. Hal sama juga harus dilakukan bagi mahasiswa yang sudah mengikuti perkuliahan tatap muka terbatas di kampus.

Jika kamu sedang merasa down dan lelah dengan kegiatan perkuliahan, kamu perlu istirahat sejenak dan melakukan kegiatan yang disukai. Seperti membaca buku, mendengarkan musik atau menonton film.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram @campuspedia, Senin (25/10/2021), ada 5 rekomendasi film sarat makna yang bisa ditonton saaat merasa patah semangat mengikuti perkuliahan.

Berikut rekomendasi film bagi mahasiswa yang sedang turun semangat dan motivasinya dalam menjalani kuliah. Dengan menonton film ini, harapannya bisa menginspirasi dan membakar semangat untuk kuliah kembali.

1. Laskar Pelangi

Film garapan sutradara Riri Riza ini dirilis pada 26 September 2008 dan merupakan karya adaptasi dari buku karya Andrea Hirata dengan judul sama.

Lasker Pelangi menceritakan kisah anak-anak dari desa Belitung yang tidak berhenti berusaha untuk memperbaiki masa depan mereka.

Film ini dipenuhi kisah penuh haru tentang perjuangan hidup menggapai mimpi serta keindagan persahabatan yang menyelatkan hidup manusia. Tak hanya sarat makna, dalam film ini juga penonton disuguhi pemandangan indah pulau Belitung.

2. The Theory of Everything

Film ini menceritakan kisah nyata kehidupan Stephen Hawking, seorang fisikawan jenius dan terkenal.

Semasa hidupnya, Stephen Hawking mengalami penurunan kesehatan. Hawking mengalami sklerosis lateral amiotrof (ALS) yang lambat, dini, dan langka atau juga dikenal sebagai penyakit saraf motorik atau penyakit Lou Gehrig. Penyakit ini melumpuhkan tubuhnya secara perlahan selama puluhan tahun.

Namun dalam kondisi badan yang lumpuh, Hawking terus berkarya menghasilkan beberapa buku. Film ini sangat menginspirasi mahasiswa agar tetap gigih dalam melawan keterbatasan termasuk penyakit.

3. Rudy Habibie

Film ini berfokus pada cerita kehidupan BJ Habibie muda (Rudy) saat menempuh pendidikan di Universitas Teknologi Rhein Westfalen, Jerman.

Saat menonton film ini, mahasiswa bisa melihat bagaimana Rudy sangat gigih dalam menempuh studinya.

Film ini juga sangat menggambarkan arti suatu perjuangan. Sekaligus mengingatkan bahwa dimanapun berada sejauh apapun mahasiswa melangkah, jangan lupakan Ibu Pertiwi Indonesia.

4. Accepted

Film Accepted ini mengisahkan tentang universitas palsu ini yang memiliki motto yaitu 'what do you want to learn'.

Film ini mengajarkan penontonnya untuk tidak menyerah dengan keadaan dan jangan sampai menilai orang dari luarnya saja.

Jika tidak diterima di suatu kampus bukan berarti hidupmu berakhir. Masih banyak tempat lain yang bisa digunakan untuk menuntut ilmu.

5. Idiots

Film dari Bollywood ini mengajarkan bahwa pendidikan tidak sekadar hafalan teori dan bekal untuk mendapat pekerjaan yang mapan.

Tetapi bagaimana cara mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat untuk kesejahteraan bersama serta bagaimana agar kita menjadi pribadi yang bermanfaat.

Itulah 5 rekomendasi film bagi mahasiswa yang baru tidak semangat mengikuti kuliah. Dengan menonton film ini bisa memberikan inspirasi agar membangun lagi motivasi dan semangat kuliah demi masa depan cerah.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/25/120200571/ini-5-rekomendasi-film-bagi-mahasiswa-yang-sedang-tak-semangat-kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke