Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Instansi yang Gelar Mudik Gratis 2022 dengan Bus dan Kereta Api

Kompas.com - 17/04/2022, 11:36 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki pertengahan Bulan Ramadan, ada kabar baik bagi Anda sedang mempersiapkan mudik ke kampung halaman sebab berbagai instansi menawarkan layanan mudik gratis Lebaran 2022.

Kompas.com merangkum sejumlah instansi yang menggelar layanan mudik gratis Lebaran 2022. Instansi tersebut di antaranya pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perusahaan, serta masing-masing menyediakan kuota pemudik yang berbeda.

Berikut daftar instansi dengan jadwal, cara pendaftaran hingga syarat ikut mudik gratis Lebaran 2022:

Baca juga: Aturan Cuti Bersama dan Syarat Mudik Lebaran 2022 untuk ASN

1. Pemprov DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar mudik gratis pada Lebaran 2022.

Program mudik gratis 2022 dengan tema “Mudik Aman, Mudik Sehat” tersebut ditujukan untuk semua warga yang memiliki KTP DKI Jakarta.

"Halo warga Jakarta, sudah tahu belum Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan program mudik gratis untuk Lebaran Idul Fitri tahun ini," tulis Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria dikutip dari akun Instagramnya @arizapatria, Jumat (15/4/2022).

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 492 unit bus untuk mengangkut pemudik dan 31 unit truk untuk membawa sepeda motor pemudik.

Adapun total kuota mudik gratis Pemprov DKI Jakarta tahun ini adalah sebanyak 19.680 peserta. 

Selain Jawa, mudik gratis ini juga memfasilitasi pemudik yang hendak ke Sumatera.

Tujuan rute mudik Lebaran gratis ini adalah ke 17 kota dan kabupaten di 5 provinsi yakni Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca juga: Agar Tak Capek Saat Mudik, Pengendara Disarankan Istirahat 4 Jam Sekali

2. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganggarkan Rp 10 miliar untuk mengadakan program mudik gratis pada masa mudik Lebaran 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, jumlah tersebut termasuk sedikit jika dibandingkan dengan program mudik gratis pada tahun-tahun sebelum pandemi. Pasalnya, tahun ini Kemenhub tidak menganggarkan program mudik gratis.

Jadi anggaran mudik gratis tahun ini diadakan melalui revisi anggaran Kemenhub.

"Anggarannya tidak terlampau besar, cuma Rp 10 miliar, total tahun 2019 kita ada sekitar Rp 38 miliar kalau tidak salah," ujarnya saat Media Briefing “Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022”, Jumat (8/4/2022).

Kuota mudik gratis tahun ini disiapkan untuk menampung sekitar 10.500 orang, dengan jumlah armada 350 bus untuk keberangkatan dan balik mudik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com