Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Ingatkan Bahaya Toksoplasma bagi Kehamilan, Bisa Picu Keguguran

Kompas.com - 22/03/2024, 11:30 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial X (sebelumnya Twitter) diramaikan oleh unggahan mengenai bahaya toksoplasma kucing bagi kehamilan manusia.

Unggahan tersebut salah satunya dimuat oleh akun @tanyarlfes pada Rabu (20/3/2024).

Dalam unggahan dijelaskan, bahaya tersebut disebabkan oleh adanya parasit atau mikroorganisme bernama Toxoplasma gondii.

Guys buat klian yg lgi hamil mnding pikir2 lgi plihara kucing krna tkutnya nnti trjdi apa2 sma janinnya,” bunyi keterangan dalam unggahan.

Aplgi kucing trmsuk hewan yg bnyk diplihara di indo, aplgi smpe tidur breng. Ksian nnti trjdi apa2 sma janinnya,” lanjutnya.

Hingga Jumat (22/3/2024), unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 1,2 juta kali dan mendapat setidaknya 12.000 likes.

Baca juga: Ramai Diperbincangkan, Benarkah Kucing Putih Bersikap Lebih Sopan?

Penjelasan dokter

Dokter kandungan atau obgyn RSIA Anugerah Semarang, Indra Adi Susianto membenarkan bahwa terdapat bahaya toksoplasma kucing bagi kehamilan manusia.

Meski demikian, toksoplasmosis yang merupakan infeksi umum ini biasanya tidak berbahaya.

“Toksoplasmosis disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondii,” ucap Indra saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/3/2024).

“Parasit ini merupakan mikroorganisme yang dibawa oleh hewan seperti kucing, burung, tikus, mencit, domba, babi, dan kanguru. Hal ini terutama sering ditemukan pada kucing yang berburu binatang kecil,” sambungnya.

Jika seorang ibu tertular toksoplasma untuk pertama kalinya saat sedang hamil atau beberapa bulan sebelum hamil, dapat memiliki risiko keguguran, kelahiran mati, serta kecacatan atau masalah setelah bayi lahir.

Oleh karena itu, menurut Indra, risiko-risiko tersebut sangat bergantung pada waktu seorang ibu terinfeksi.

“Artinya Infeksi pada awal kehamilan ada kemungkinannya untuk menyebar ke bayi yang jika masalah berkembang, kemungkinan besar akan menjadi lebih serius,” ungkapnya.

Baca juga: Alasan Kucing Hitam Sering Dikaitkan dengan Nasib Buruk atau Pembawa Sial

Cara penularan toksoplasma

Indra menjelaskan, Toxoplasma gondii dapat berkembang biak di usus kucing sehingga kotoran kucing sering kali mengandung parasit tersebut.

Apabila kotoran kucing itu dibiarkan di tanah atau pasir, maka dapat menyebabkan kontaminasi.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com