Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Ritual dan Tradisi Pernikahan di India...

Kompas.com - 04/03/2024, 21:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani (66) menarik perhatian usai menggelar pesta prewedding mewah untuk anak laki-lakinya, Anant Ambani (28) di Jamnagar, Gujarat, India pada Jumat (1/3/2024) selama tiga hari.

Anant Ambani akan menikahi kekasihnya, Radhika Merchant (29) pada Juli mendatang. Namun, pihak keluarga terlebih dulu mengadakan pesta prewedding dengan mengundang pesohor dunia.

Di antara mereka yang turut diundang dalam acara tersebut adalah penyanyi terkenal dunia Rihana, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Ivanka Trump.

Selain pesta prewedding, pasangan Anant Ambani dan Radhika Merchant juga menjalani sejumlah ritual sesuai tradisi pernikahan di India.

Lantas, seperti apa tradisi pernikahan di India?

Baca juga: Gemerlap Pesta Prewedding Anak Orang Terkaya di India, Undang Rihanna dan Konglomerat Dunia


Tradisi pernikahan India

Warga India menggelar pernikahan tradisional Hindu yang terdiri dari tiga upacara, yakni prewedding atau pranikah, upacara pernikahan, serta perayaan setelah pernikahan.

Ahli pernikahan Asia Selatan, Jignasa Patel mengatakan, pernikahan tradisional Hindu diadakan untuk memadukan dua keluarga dari pasangan yang menikah.

“Dengan banyaknya ritual dan upacara mini menjelang hari upacara utama, ini mengikat pasangan dan kedua keluarga untuk selamanya," ujarnya, diberitakan Brides.

Sementara, ahli perencanaan pernikahan dari Long Island, Amerika Serikat, Sunita Sadhnani menjelaskan, ritual pernikahan di India diawali dengan pertunangan calon pengantin dengan kesepakatan kedua keluarga yang diadakan 15 hari sebelum upacara pernikahan utama.

Saat bertunangan, kedua calon pengantin akan menjalani ritual Barni Band-hwana. 

Seutas benang bernama Mauli akan diikatkan ke tangan mempelai pria dan orangtuanya untuk minta diberikan hari pernikahan yang aman kepada para dewa, dikutip dari Manhattan Bride.

Selanjutnya. mempelai pria akan melakukan upacara Mayara berupa membawa oleh-oleh untuk ibu kedua mempelai, termasuk gaun yang akan dikenakan saat pesta pernikahan.

Setelah itu, dimulailah ritual pernikahan India yang terdiri dari tradisi pranikah Sangeet dan Mehendi, upacara utama, serta perayaan resepsi.

Baca juga: Melihat Program Makan Siang Gratis di India, Anggaran, Skema, dan Dampaknya

Prewedding mempelai India

Sebelum upacara pernikahan utama, mempelai India bersama keluarga akan mengikuti pesta pranikah bernama Sangeet dan Mehendi.

“Sangeet merupakan ajang kumpul sanak saudara dan sahabat kedua mempelai. Mereka memainkan alat musik, menari, menyanyi, dan berinteraksi satu sama lain,” jelas Sunita.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com