Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Ritual dan Tradisi Pernikahan di India...

Anant Ambani akan menikahi kekasihnya, Radhika Merchant (29) pada Juli mendatang. Namun, pihak keluarga terlebih dulu mengadakan pesta prewedding dengan mengundang pesohor dunia.

Di antara mereka yang turut diundang dalam acara tersebut adalah penyanyi terkenal dunia Rihana, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Ivanka Trump.

Selain pesta prewedding, pasangan Anant Ambani dan Radhika Merchant juga menjalani sejumlah ritual sesuai tradisi pernikahan di India.

Lantas, seperti apa tradisi pernikahan di India?

Tradisi pernikahan India

Warga India menggelar pernikahan tradisional Hindu yang terdiri dari tiga upacara, yakni prewedding atau pranikah, upacara pernikahan, serta perayaan setelah pernikahan.

Ahli pernikahan Asia Selatan, Jignasa Patel mengatakan, pernikahan tradisional Hindu diadakan untuk memadukan dua keluarga dari pasangan yang menikah.

“Dengan banyaknya ritual dan upacara mini menjelang hari upacara utama, ini mengikat pasangan dan kedua keluarga untuk selamanya," ujarnya, diberitakan Brides.

Sementara, ahli perencanaan pernikahan dari Long Island, Amerika Serikat, Sunita Sadhnani menjelaskan, ritual pernikahan di India diawali dengan pertunangan calon pengantin dengan kesepakatan kedua keluarga yang diadakan 15 hari sebelum upacara pernikahan utama.

Saat bertunangan, kedua calon pengantin akan menjalani ritual Barni Band-hwana. 

Seutas benang bernama Mauli akan diikatkan ke tangan mempelai pria dan orangtuanya untuk minta diberikan hari pernikahan yang aman kepada para dewa, dikutip dari Manhattan Bride.

Selanjutnya. mempelai pria akan melakukan upacara Mayara berupa membawa oleh-oleh untuk ibu kedua mempelai, termasuk gaun yang akan dikenakan saat pesta pernikahan.

Setelah itu, dimulailah ritual pernikahan India yang terdiri dari tradisi pranikah Sangeet dan Mehendi, upacara utama, serta perayaan resepsi.

Prewedding mempelai India

Sebelum upacara pernikahan utama, mempelai India bersama keluarga akan mengikuti pesta pranikah bernama Sangeet dan Mehendi.

“Sangeet merupakan ajang kumpul sanak saudara dan sahabat kedua mempelai. Mereka memainkan alat musik, menari, menyanyi, dan berinteraksi satu sama lain,” jelas Sunita.

Pesta ini diselenggarakan keluarga mempelai wanita sekaligus ajang perkenalan antara anggota keluarga. Dalam pesta tersebut, digelar upacara Haldi dan Mehendi.

Dilansir dari Hindu American, Haldi dilakukan dengan mengoleskan kunyit, minyak, dan air ke kedua mempelai.

Pihak keluarga lalu menyeka campuran tersebut sambil memberikan berkah dan mengusir roh jahat. Harapannya, mereka dapat memulai hidup baru tanpa hambatan.

Sementara, upacara Mehendi dilakukan ketika tangan dan kaki mempelai wanita serta anggota keluarga perempuan diberi gambar menggunakan henna. 

Henna dipercaya dapat mengusir kejahatan, meningkatkan kesuburan, dan menarik energi baik bagi pasangan yang akan menikah.

Mempelai pria akan datang ke area upacara sambil menunggangi kuda putih, serta diantar keluarga dan teman-temannya dengan bernyanyi dan menari.

"Pengantin wanita dan keluarganya menyambut pengantin pria. Pasangan tersebut bertukar karangan bunga untuk dikalungkan ke leher mereka. Ini melambangkan penerimaan mereka satu sama lain," lanjut Sunita.

Pengantin pria akan mengenakan jaket panjang bernama Sherwani dan celana panjang yang disebut Churidars. Dia juga memakai sorban Safa serta bros mewah besar bernama Kalgi.

Sementara, pengantin wanita akan memakai sari merah dengan pola sulaman indah berwarna emas yang melambangkan komitmen dan kesuburan.

Pernikahan umat Hindu berlangsung di bawah kanopi bernama Mandap yang dibangun di dalam ruangan. Orangtua dan saudara kandung mempelai akan ikut berada di pelaminan.

Nantinya, upacara pernikahan dimulai dengan memanjatkan doa kepada Dewa Ganesha. Kedua mempelai kemudian akan saling mengalungkan karangan bunga. 

Selanjutnya, kerudung pengantin wanita akan diikat dengan sabuk pengantin pria. Kedua mempelai lalu bergandengan tangan mengelilingi api suci sebanyak empat putaran dan berjalan tujuh langkah.

Seorang ahli agama akan melantunkan syair selama upacara untuk mengikat kedua mempelai. Kedua pengantin juga akan mengucapkan sumpah dan mempersembahkan berkah sebagai pelengkap doa tersebut.

Terakhir, pengantin pria membubuhkan bedak merah di dahi istrinya dan memasangkan kalung di leher sebagai lambang dia wanita yang sudah menikah.

Pesta resepsi pernikahan di India

Kedua pengantin kemudian berganti pakaian untuk mengikuti resepsi. Pada pesta pernikahan ini, ratusan hingga ribuan tamu undangan akan mencicipi hidangan prasmanan yang terdiri dari tujuh hingga belasan makanan.

Kedua mempelai akan duduk di panggung tengah ruangan untuk dipamerkan saat resepsi. Mereka juga akan menari di tengah ruangan sambil dilempar uang oleh keluarga dan teman sebagai bentuk doa.

Sehari setelah pernikahan, keluarga dan teman mempelai pria diundang makan siang bersama keluarga mempelai wanita. Pada momen ini, mempelai pria akan berjanji bertanggung jawab terhadap istrinya.

Selanjutnya, keluarga akan mengadakan upacara Aashirwad atau tukar hadiah.

Keluarga mempelai wanita akan pergi ke rumah mempelai pria untuk memberikan restu dan kenang-kenangan. Hal yang sama dilakukan keluarga mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/04/210000365/melihat-ritual-dan-tradisi-pernikahan-di-india-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke