Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Minum Teh bagi Usia Paruh Baya, Salah Satunya Menurunkan Risiko Pikun

Kompas.com - 12/01/2024, 07:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rutin minum teh setiap hari dikaitkan dengan sederet manfaatnya bagi kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan, kandungan dalam teh seperti katekin, L-theanine, dan kafein, dapat menghasilkan efek positif pada tubuh.

Dikutip dari Medical News Today, beberapa efek samping tersebut seperti memperbaiki suasana hati, meningkatkan kemampuan kognitif, kesehatan jantung, pencegahan kanker, dan memperpanjang usia.

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan adanya efek positif dari teh apabila dikonsumsi oleh orang-orang lanjut usia atau orang paruh baya.

Pasalnya, seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan akan melemah dan tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Sehingga penting untuk menjaga kesehatan seiring bertambahnya usia.

Lantas, apa saja manfaat minum teh untuk paruh baya?

Baca juga: 3 Efek Samping Minum Teh Bunga Telang, Apa Saja?


Manfaat minum teh untuk lansia

Manfaat minum teh bagi lansia.SHUTTERSTOCK/Santhosh Varghese Manfaat minum teh bagi lansia.
1. Mengurangi risiko depresi

Rutin minum teh memiliki manfaat menurunkan risiko depresi pada kelompok lansia.

Depresi adalah hal yang umum di kalangan orang dewasa yang lebih tua, dengan 7 persen dari mereka yang berusia di atas 60 tahun melaporkan gangguan depresi mayor.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari National University of Singapore (NUS) dan Fudan University di Shanghai mengemukakan hubungan yang signifikan secara statistik antara minum teh secara teratur dan tingkat depresi yang lebih rendah pada orang paruh baya.

Meskipun para peneliti belum menetapkan hubungan sebab-akibat antara teh dan kesehatan mental, namun temuan mereka yang muncul di BMC Geriatricsm menunjukkan hubungan yang kuat.

Baca juga: Studi Baru: Minum Teh dan Kopi Setiap Hari Membuat Masa Tua Lebih Sehat

2. Mempertahankan fungsi kognitif otak

Teh sangat populer di kalangan orang dewasa yang lebih tua. Selain itu, berbagai penelitian baru-baru ini telah menyelidiki potensi efek menguntungkan dari minuman tersebut.

Sebuah penelitian terpisah dari NUS yang muncul di Aging Juni lalu misalnya, menemukan bahwa teh mungkin memiliki khasiat yang membantu area otak mempertahankan fungsi kognitif yang sehat, salah satunya meminimalkan risiko pikun.

"Studi kami menawarkan bukti pertama tentang kontribusi positif dari minum teh terhadap struktur otak dan menunjukkan efek perlindungan terhadap penurunan organisasi otak yang berkaitan dengan usia," kata penulis utama, Junhua Li.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Alasan Tidak Boleh Makan Biskuit bersama Teh

3. Meningkatkan fokus

Sebuah penelitian menemukan, para pensiunan yang minum lebih dari lima cangkir teh sehari diketahui memiliki fungsi otak yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak minum.

Dalam sebuah penelitian terhadap 676 orang berusia di atas 85 tahun, peminum teh yang menikmati lebih dari lima cangkir sehari terbukti memiliki lebih banyak fokus dan rentang perhatian yang lebih lama.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com