Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Air Kelapa dan Daun Sirih Bisa untuk Mengobati Asam Urat?

Kompas.com - 07/01/2024, 09:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi lantaran adanya penumpukan kristal asam urat.

Kondisi tersebut dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di pergelangan kaki, jari kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Untuk mengatasi kadar asam urat yang tinggi, penderita harus rutin mengonsumsi obat tertentu.

Namun, tak jarang, beberapa orang juga mengonsumsi ramuan herbal untuk mengendalikan kadar asam uratnya, salah satunya dengan kombinasi air kelapa dengan daun sirih.

Lantas, benarkah air kelapa dengan daun sirih dapat untuk mengobati asam urat?

Baca juga: 7 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih, Apa Saja?


Benarkah air kelapa dan daun sirih bisa obati asam urat?

Menurut penelitian, minum air kelapa dengan daun sirih dapat membantu mengobati asam urat secara efektif dan meningkatkan kualitas tidur.

Dilansir dari Vinmec International Hospital, daun sirih mengandung 2,4 persen minyak atsiri dan berbagai senyawa bermanfaat, seperti Chavibetol, Chavicol, Eugenol, dan Estragole.

Kombinasi tersebut dapat berperan sebagai obat antiarthritis, membantu mengurangi nyeri saraf, dan membantu memulihkan sendi yang rusak.

Bagi penderita asam urat, minum air kelapa dengan daun sirih dapat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan metabolisme asam urat, membantu menenangkan kerusakan, dan meningkatkan proses pembuangan kristal urat ke luar.

Berkat kegunaannya tersebut, kombinasi air kelapa dan daun sirih dapat secara efektif mengurangi rasa sakit akibat asam urat.

Selain itu, menurut beberapa penelitian terbaru, minum air kelapa dengan daun sirih dapat membantu meningkatkan antiinflamasi dan mendukung pengobatan asam urat dengan sangat efektif.

Sebab air kelapa dianggap sebagai elektrolit alami yang dapat membantu menyeimbangkan metabolisme dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, rutin minum air kelapa juga dapat membantu meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL), zat ramah pembuluh darah yang membantu membersihkan kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk di pembuluh darah.

Air kelapa mengandung sejumlah besar nutrisi dan komponen yang mirip dengan plasma darah manusia, sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jantung.

Selain itu, minuman tersebut juga memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, detoksifikasi, dan antivirus yang sangat efektif.

Dengan khasiat luar tersebut, minum air kelapa dapat mengurangi pembentukan asam laktat dalam tubuh, sekaligus membantu memperbaiki gangguan ginjal dan saluran kemih.

Oleh karena itu, dengan meminum air kelapa dengan daun sirih, minuman ini dapat diubah menjadi zat larut yang mengoordinasikan terapi, mendukung ekstraksi bahan aktif dalam daun sirih dengan cepat.

Untuk itu, kombinasi ini merupakan obat yang bagus untuk membantu mengendalikan asam urat secara efektif.

Baca juga: 4 Cara Mengonsumsi Daun Sirih untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com