Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Kuncoro Wibowo, Eks Dirut Transjakarta yang Ditahan KPK

Kompas.com - 19/09/2023, 09:15 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan mantan Direktur Utama (Dirut) Transjakarta M Kuncoro Wibowo.

Ia ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi anggaran distribusi bantuan sosial (bansos) beras Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos) pada 2020.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu mengatakan bahwa Kuncoro ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK.

Penahanan mantan orang nomor satu di Transjakarta tersebut dilakukan untuk kebutuhan proses penyelidikan.

"Tim penyidik menahan tersangka MKW di Rutan KPK untuk masing-masing selama 20 hari pertama, terhitung 18 September 2023 sampai dengan 7 Oktober 2023," ujar Guntur dilansir dari Kompas.com, Senin (18/9/2023).

Baca juga: Kasus Korupsi, Johnny G Plate, dan Lemahnya Integritas Para Menteri...

Baca juga: Sederet Fakta Korupsi Tol MBZ yang Rugikan Negara Rp 1,5 Triliun

Keterkaitan Kuncoro Wibowo dengan korupsi bansos

Kuncoro yang ditahan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi bansos beras sempat menjabat sebagai Dirut Transjakarta pada awal 2023.

Ia diangkat untuk menahkodai Transjakarta pada Januari 2023. Namun, memutuskan mengundurkan diri pada 13 Maret 2023 atau sekitar dua bulan setelah ditunjuk.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (23/8/2023), Kuncoro ditahan dalam kapasitasnya sebagai mantan Dirut PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) Persero 2018-2021.

PT BGR adalah perusahaan BUMN yang sempat ditunjuk oleh Kemensos untuk menyalurkan beras dengan nilai kontrak sebesar Rp 326 miliar pada 2020.

Perusahaan tersebut kemudian memenangkan PT Primalayan Teknologi Persada (PTP) sebagai perusahaan konsultan pendamping.

Namun, KPK mengendus adanya manipulasi data mulai dari dokumen lelang, data mundur kontrak pendampingan konsultan, dan pembuatan konsorsium terkait penyaluran bansos beras.

Baca juga: Menilik Jumlah Kasus dan Nominal Korupsi Parpol Peserta Pemilu 2024

Profil Kuncoro Wibowo

Mantan Direktur PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) Kuncoro Wibowo mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, Senin (7/9/2023).KOMPAS.com/Syakirun Ni'am Mantan Direktur PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) Kuncoro Wibowo mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, Senin (7/9/2023).

Kuncoro yang terseret dalam pusaran kasus dugaan korupsi bansos beras tersebut lahir di Tulungagung, 3 Maret 1968.

Ia pernah mengenyam pendidikan di program studi (prodi) S-1 Teknik Elektro Telekomunikasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Dilansir dari laman ITS, Kuncoro pernah menduduki sejumlah posisi sebelum bergabung dengan Transjakarta, baik di perusahaan maupun kementerian.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com