Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Induk Hewan yang Memiliki Kasih Sayang seperti Manusia

Kompas.com - 10/08/2023, 12:26 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Ibu merupakan sosok yang luar biasa, ia mengandung dan melahirkan anaknya. Bahkan, ibu juga bekerja keras untuk mendidik dan membesarkan anaknya.

Tak hanya ibu manusia, beberapa induk hewan pun sangat menyayangi anak-anaknya. Kasih sayang induk hewan juga biasanya kerap kita dengar dalam dongeng atau fabel mengenai ibu hewan dan anaknya.

Hal ini pun terjadi dalam audio drama siniar Dongeng Pilihan Orang Tua episode “Cerita Kasih Sayang Ibu Tupai”, dengan tautan akses dik.si/DopingTupai.

Dilansir dari Bobo, di bawah ini merupakan induk hewan yang dikenal memiliki kasih sayang besar untuk anak-anaknya.

Angsa

Dilansir dari Livescience, angsa adalah salah satu unggas air terbesar di dunia. Biasanya, angsa digambarkan menjadi hewan yang sangat setia. Tak hanya pasangannya, angsa juga setia menjaga anak-anaknya.

Menurut Museum Zoologi Universitas Michigan, angsa bisa menghasilkan lima sampai tujuh telur dalam sekali bertelur. Selanjutnya, angsa akan mengerami telur-telurnya selama 36 hingga 38 hari.

Baca juga: Mengenal Toxic Positivity dan Cara Mengatasinya

Induk angsa akan setia menggendong anak-anaknya ketika mereka belum bisa berenang.

Gajah

Gajah merupakan mamalia dengan kehamilan terlama yaitu sekitar 640 hingga 660 hari. Gajah akan menjaga kandungannya selama lebih dari dua tahun. Saat anaknya lahir, induk gajah akan mengurus dan memenuhi kebutuhannya,

Anak gajah sangat bergantung kepada induknya. Pasalnya, induk gajah akan menyusui dan mengatur pola makan anaknya.

Dilansir dari Conservation International, saat anak gajah tumbuh gigi, induk gajah akan mengubah pola makannya dan memberikan anti inflamasi untuk membantu pertumbuhan gigi anaknya.

Selama dua hingga tiga tahun, induk gajah terus menjaga anaknya dengan memberi asupan nutrisi dan mengajari cara bertahan di alam liar.

Kanguru

Induk kanguru selalu membawa anaknya dalam kantong yang terdapat dalam perutnya. Kanguru mengalami kehamilan yang sangat singkat, yaitu hanya sekitar 36 hari sebelum anaknya lahir.

Ketika lahir, anak kanguru sangat berukuran kecil dan belum berkembang secara sempurna sehingga ia perlu masuk ke dalam kantung induknya.

Dalam kantung tersebut, kanguru akan menyusui anaknya dalam periode yang panjang. Anak kanguru akan terus berada dalam kantung induknya selama 18 bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com