Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Induk Hewan yang Memiliki Kasih Sayang seperti Manusia

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Ibu merupakan sosok yang luar biasa, ia mengandung dan melahirkan anaknya. Bahkan, ibu juga bekerja keras untuk mendidik dan membesarkan anaknya.

Tak hanya ibu manusia, beberapa induk hewan pun sangat menyayangi anak-anaknya. Kasih sayang induk hewan juga biasanya kerap kita dengar dalam dongeng atau fabel mengenai ibu hewan dan anaknya.

Hal ini pun terjadi dalam audio drama siniar Dongeng Pilihan Orang Tua episode “Cerita Kasih Sayang Ibu Tupai”, dengan tautan akses dik.si/DopingTupai.

Dilansir dari Bobo, di bawah ini merupakan induk hewan yang dikenal memiliki kasih sayang besar untuk anak-anaknya.

Angsa

Dilansir dari Livescience, angsa adalah salah satu unggas air terbesar di dunia. Biasanya, angsa digambarkan menjadi hewan yang sangat setia. Tak hanya pasangannya, angsa juga setia menjaga anak-anaknya.

Menurut Museum Zoologi Universitas Michigan, angsa bisa menghasilkan lima sampai tujuh telur dalam sekali bertelur. Selanjutnya, angsa akan mengerami telur-telurnya selama 36 hingga 38 hari.

Induk angsa akan setia menggendong anak-anaknya ketika mereka belum bisa berenang.

Gajah

Gajah merupakan mamalia dengan kehamilan terlama yaitu sekitar 640 hingga 660 hari. Gajah akan menjaga kandungannya selama lebih dari dua tahun. Saat anaknya lahir, induk gajah akan mengurus dan memenuhi kebutuhannya,

Anak gajah sangat bergantung kepada induknya. Pasalnya, induk gajah akan menyusui dan mengatur pola makan anaknya.

Dilansir dari Conservation International, saat anak gajah tumbuh gigi, induk gajah akan mengubah pola makannya dan memberikan anti inflamasi untuk membantu pertumbuhan gigi anaknya.

Selama dua hingga tiga tahun, induk gajah terus menjaga anaknya dengan memberi asupan nutrisi dan mengajari cara bertahan di alam liar.

Kanguru

Induk kanguru selalu membawa anaknya dalam kantong yang terdapat dalam perutnya. Kanguru mengalami kehamilan yang sangat singkat, yaitu hanya sekitar 36 hari sebelum anaknya lahir.

Ketika lahir, anak kanguru sangat berukuran kecil dan belum berkembang secara sempurna sehingga ia perlu masuk ke dalam kantung induknya.

Dalam kantung tersebut, kanguru akan menyusui anaknya dalam periode yang panjang. Anak kanguru akan terus berada dalam kantung induknya selama 18 bulan.

Beruang Kutub

Induk beruang kutub yang sedang hamil akan membangun sarang berupa terowongan es. Ia akan berdiam dalam sarang tersebut hingga anaknya lahir.

Dilansir dari Polar Bear International, setelah kelahiran anaknya, induk beruang kutub akan tetap diam di sarang untuk menjaga dan menyusui anaknya selama delapan bulan tanpa makan dan minum.

Setelah anaknya cukup kuat, mereka akan keluar dari sarang. Ibu beruang akan menjaga anaknya dari predator, mengajarinya berburu, dan bertahan di alam liar selama dua hingga tiga tahun.

Serigala

Dalam dongeng, serigala adalah hewan yang menjadi musuh hewan-hewan lain dan manusia. Serigala digambarkan suka menipu, jahat, dan kejam.

Padahal, di dunia nyata serigala adalah hewan yang suka berkelompok, saling melindungi kawanannya, dan menyayangi anak-anaknya.

Ketika serigala betina hamil dalam waktu sekitar sembilan minggu, mereka akan melahirkan anaknya hingga sebanyak 11 ekor.

Kerja sama antara serigala dalam satu kelompok ditunjukkan ketika salah satu serigala melahirkan. Anak-anak serigala akan dirawat oleh semua serigala dewasa dan memakan makanan yang diberikan oleh serigala dewasa lainnya.

Lantas, bagaimana dengan kisah kasih sayang ibu tupai?

Dengarkan kisah lengkapnya dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua episode “Kasih Sayang Ibu Tupai”, dengan tautan akses dik.si/DopingTupai di Spotify dan akses juga siniarnya di Noice dengan tautan dik.si/DopingNoice.

Akses juga playlist-nya di YouTube Medio by KG Media untuk mengetahui dongeng-dongeng lainnya yang tak kalah seru.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/10/122645665/5-induk-hewan-yang-memiliki-kasih-sayang-seperti-manusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke