Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kucing Sedunia 2023, sejak Kapan Kucing Jadi Hewan Domestik?

Kompas.com - 08/08/2023, 18:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day dirayakan tiap tanggal 8 Agustus.

Tahun ini, International Cat Day jatuh pada Selasa (8/8/2023). Bagi pencinta kucing, perayaan ini tentunya sangat penting.

Dikutip dari Kompas.com (10/6/2022), kucing domestik atau kucing yang biasa dipelihara di rumah adalah anggota dari spesies Felis catus.

Kucing domestik memiliki sifat yang manja, di mana mereka sering berguling-guling di atas kasur dan segera pergi mendekati tempat makan ketika jam makan tiba.

Namun, tahukah Anda bahwa bertahun-tahun yang lalu kucing harus bekerja keras berburu mangsa, bersaing dengan predator lain?

Seorang ahli biologi evolusi, Jonathan Losos dalam bukunya yang berjudul The Cat's Meow: Bagaimana Kucing Berevolusi dari Padang Savana ke Sofa Anda menjelaskan bagaimana awal mula kucing menjadi hewan domestik kesayangan manusia.

Ia mengungkapkan, dari 41 spesies kucing liar, sebagian besar berukuran seperti kucing rumahan, seperti kucing kaki hitam, kucing teluk kalimantan, kucing kodkod, dan oncilla atau kucing marmer. 

Secara teori, salah satu dari spesies ini bisa saja merupakan nenek moyang kucing domestik.

Akan tetapi, penelitian DNA terbaru menunjukkan bahwa kucing rumahan yang ada saat ini berasal dari keturunan kucing liar Afrika, khususnya subspesies Afrika Utara, Felis silvestris lybica.

Baca juga: Seorang Pria di Inggris Digigit Kucing Liar dan Terinfeksi Bakteri Misterius yang Membuat Tangannya Bengkak

Kapan kucing mulai jadi hewan domestik?

Dilansir dari newpittsburghcourier, peradaban dimulai di Hilal Subur atau Bulan Sabit Subur, yaitu sebuah daerah berbentuk bulan sabit yang terletak di Timur Tengah sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Semua bermula ketika manusia pertama kali menetap di desa-desa dan mulai bercocok tanam.

Daerah tersebut meliputi sebagian wilayah Mesir modern, Turkiye, Suriah, Iran, dan banyak lagi yang merupakan rumah bagi banyak kucing kecil, termasuk caracal, serval, kucing hutan, dan kucing pasir.

Namun dari semua jenis kucing ini, kucing hutan Afrika adalah kucing yang sampai hari ini memasuki desa-desa tersebut dan dapat ditemukan di sekitar manusia.

Keberadaan kucing liar Afrika banyak diterima lantaran jenis ini merupakan salah satu spesies kucing yang paling ramah. Mereka dibesarkan dengan lembut dan dapat menjadi teman yang penuh kasih sayang.

Kemudian, orang-orang yang bercocok tanam mulai menyimpan kelebihan panen untuk masa paceklik. Sayangnya, lumbung penyimpan stok makanan memicu ledakan populasi hewan pengerat seperti tikus.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com