Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Air Terjun Kedung Kandang yang Terdampak Proyek Jalan Alternatif Gunungkidul-Sleman

Kompas.com - 14/04/2023, 14:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air Terjun Kedung Kandang di Gunungkidul, Yogyakarta diperkirakan sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

Air terjun tersebut terkena dampak akibat dari pembangunan jalan alternatif Gunungkidul-Sleman.

"Air terjun Kedung Kandang memang kena pembangunan jalan, memang betul terjadi, dan ini akan dikembalikan seperti semula sudah tidak mungkin kelihatannya. Karena sudah berubah semuanya," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono dikutip dari Kompas.com (13/4/2023).

Pihaknya mengatakan sudah melakukan peninjauan bersama Dispar DIY, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (Dinas Pupesdm) DIY, dan masyarakat.

Dari pertemuan tersebut pihaknya akan merumuskan daya tarik wisata baru untuk menggantikan Air Terjun Kedung Kandang. 

Baca juga: Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran, Keindahannya Tinggal Kenangan

Mengenal Air Terjun Kedung kandang

Air Terjun Kedung Kandang, berlokasi di Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Air terjun ini memiliki ciri khas adanya bentuk air terjun yang berundak-undak seperti anak tangga yang terbentuk dari tebing-tebing vulkanik.

Perjalanan menuju Air Terjun Kedung Kandang dilakukan dengan melewati jalan setapak berupa tanah dan bebatuan dengan kiri-kanan area persawahan.

Dikutip dari Gunungkidulkab, untuk mencapai air terjun ini pengunjung harus melakukan tracking sekitar 900 meter dengan waktu tempuh jalan kaki dari parkiran menuju lokasi sekitar 15 hingga 30 menit.

Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan panorama persawahan dan pemandangan dari ketinggian yang terlihat menawan.

Dilansir dari Kompas.com (9/4/2019) selama perjalanan menuju air terjun, pengunjung juga akan menjumpai sungai yang airnya bersumber dari Air Terjun Kedung Kandang. Selain itu, pengunjung juga harus melewati jembatan bambu yang melintang di atas sungai.

Sementara jika sudah sampai di lokasi air terjun, pengunjung akan dihadiahi pemandangan air terjun musiman yang terlihat elok berpadu dengaan persawahan di sekitarnya.

Di lokasi tersebut juga terdapat semacam menara pandang yang disediakan jika pengunjung ingin berfoto.

Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun musiman yang akan terlihat indah saat musim penghujan dan akan mengering ketika kemarau tiba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com