Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Laba-laba di Dalam Rumah Bisa Menggigit Kita?

Kompas.com - 25/10/2022, 13:05 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Laba-laba sering diusir manusia karena mereka hobi membuat sarang yang dianggap bisa mengotori ruang-ruang rumah.

Apakah laba-laba hanya bisa mengotori rumah dengan sarangnya? Adakah kerugian lain yang bisa ditimbulkan dari laba-laba?

Pertanyaan ini menggiring kita pada pertanyaan berikutnya, mengenai apakah laba-laba bisa mengigit manusia?

Menurut studi, semua spesies laba-laba memang bisa menggigit manusia. Ini sebabnya, banyak orang ketakutan ketika tubuhnya dihinggapi oleh laba-laba.

Bahkan, beberapa orang mengalami ketakutan intens hingga mirip fobia dan disebut dengan arachnophobia. Yaitu ketakutan berlebihan terhadap laba-laba dan hewan sejenis arakhnida lainnya.

Berbahayakah gigitan laba-laba? Dan bagaimana cara penangannya?

Baca juga: Tips Mengusir Laba-laba agar Tak Bersarang di Dalam Rumah

Fakta gigitan laba-laba

Dilansir dari Cleveland Clinic (23/2/2022), beberapa gigitan laba-laba mengandung bisa yang mematikan. Namun untungnya, kebanyakan laba-laba yang ada di hunian kita adalah laba-laba yang tak memiliki gigitan mematikan.

Gigitan laba-laba yang tak berbahaya ini mudah ditangani dengan pengobatan sederhana. 

Christopher M. Bazzoli, MD, FAWM, DiMM, ahli kedaruratan medis, mengatakan bahwa tanda gigitan laba-laba sangat samar, karena laba-laba juga memiliki ukuran tubuh sangat kecil.

"Bentuk luka gigitan laba-laba hanya seperti satu gigitan kecil saja. Selain itu, jika di tubuh Anda ada beberapa luka gigitan, bisa dipastikan itu bukanlah gigitan laba-laba," ujar Christopher.

Christopher melanjutkan, laba-laba tak memiliki taring tajam. Sehingga seringnya, gigi kecilnya tak bisa menembus tebalnya kulit manusia.

Baca juga: Australia Waspadai Serangan Laba-laba Mematikan Atrax Robustus


Hanya beberapa kecil spesies laba-laba saja yang punya kemampuan menggigit dan menembus kulit manusia dan melukai kita dengan bisanya.

Lebih lanjut disebutkan, hanya laba-laba betina yang biasanya punya gigi lebih tajam sehingga memiliki kemampuan menggigit dan menembus kulit manusia.

Sedangkan gigitan laba-laba jantan, seringnya sangat lemah sehingga tak bisa menembus lapisan kulit.

"Itulah kenapa gigitan laba-laba sering tak kita sadari, karena gigi yang menembus kulit sangat kecil, dan bisa yang masuk juga sangat kecil," tambahnya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com