Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Gaji Karyawan Elon Musk yang Wajib Ngantor 40 Jam Seminggu?

Kompas.com - 04/06/2022, 15:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Tesla, Elon Musk, memerintahkan karyawannya untuk mulai bekerja dari kantor atau work from office (WFO).

Apabila karyawan menolak, maka perusahaan akan menganggap yang bersangkutan resign atau meninggalkan perusahaan.

Perintah tersebut ia sampaikan melalui email internal kepada staf eksekutif Tesla, Selasa (31/5/2022), yang kemudian bocor ke publik.

"Semua orang di Tesla diharuskan menghabiskan minimal 40 jam di kantor per minggu. Jika Anda tidak muncul, kami akan menganggap telah mengundurkan diri," tulis Musk dalam email, dikutip dari Reuters (2/6/2022).

Baca juga: Elon Musk Minta Pegawai Tesla Pilih Ngantor 40 Jam Seminggu atau Resign

Karyawan senior dan tinggal di pabrik

CEO Elon Musk dan Presiden Jokowi berkeliling mengunjungi fasilitas produksi roket SpaceX.BIRO SETPRES via VOA INDONESIA CEO Elon Musk dan Presiden Jokowi berkeliling mengunjungi fasilitas produksi roket SpaceX.

Menurut Musk, semakin senior karyawan, seharusnya semakin sering terlihat kehadirannya di kantor.

"Itulah mengapa saya sering tinggal di pabrik, sehingga mereka yang bekerja dapat melihat saya bekerja bersama mereka. Jika saya tidak melakukannya, Tesla sudah lama bangkrut," imbuh dia.

Tesla belum memberikan tanggapan perihal email yang bocor ke publik ini. Namun, dua sumber Reuters mengonfirmasi keaslian email tersebut.

Lalu, berapa gaji karyawan Elon Musk di Tesla yang wajib ngantor 40 jam per minggu?

Gaji karyawan Tesla

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama CEO Tesla Inc Elon Musk.Instagram @luhut.pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama CEO Tesla Inc Elon Musk.

Gambaran gaji karyawan Tesla bisa ditilik melalui Comparably, sebuah situs yang menyajikan informasi perusahaan-perusahaan terkemuka.

Dilansir dari Comparably (4/6/2022), rata-rata karyawan Tesla Motors mendapat gaji sebesar 110.192 dollar AS atau senilai Rp 1,59 miliar per tahun.

Jika dihitung per jam, karyawan Tesla rata-rata mendapat gaji sebesar 52 dollar AS atau setara Rp 750.542 per jam. Angka ini termasuk gaji pokok dan bonus.

Posisi dengan gaji tertinggi di Tesla adalah jabatan Direktur Penjualan (Director of Sales), yakni 225.480 dollar AS atau setara Rp 3,25 miliar per tahun.

Sementara terendah, dipegang oleh resepsionis dengan gaji sebanyak 38.015 dollar AS atau senilai Rp 548 juta per tahun.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Dunia 2022, Elon Musk Masih Nomor 1

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com