Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hein ter Poorten, Wakil Belanda dalam Perjanjian Kalijati

Kompas.com - 17/06/2023, 11:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Hein ter Poorten adalah Panglima Tentara Kerajaan Hindia Belanda atau KNIL (Koninklijke NederlandscheIndische Leger) pada masa Perang Dunia II (1939-1945).

Ia juga menjadi komandan pasukan Sekutu yang tergabung dalam American-British-Dutch-Australian Command (ABDACOM), yang dibentuk pada 1942 untuk menghadapi ekspansi Jepang ke Asia Tenggara.

Ketika Belanda harus menyerahkan Indonesia kepada Jepang pada 1942, Hein ter Poorten menjadi wakil Belanda yang menandatangani Perjanjian Kalijati bersama Alidius Tjarda van Starkenborgh Stachouwer.

Berikut biografi singkat Hein ter Poorten.

Baca juga: ABDACOM: Latar Belakang, Tujuan, Anggota, Tugas, dan Kegagalan

Lahir di Bogor

Hein ter Poorten lahir di Bogor pada 21 November 1887 dari pasangan Franciscus Hendricus ter Poorten dan Clasina Ambrosina Kater.

Ayah Hein ter Poorten adalah seorang kepala staf Angkatan Laut.

Melansir nationalgeographic.grid.id, Hein ter Poorten masuk militer dan dididik di Belanda.

Pada awalnya, ia sekolah kadet Alkmaar, berlanjut ke Akademi Militer Kerajaan Breda, dan lulus sebagai letnan dua artileri pada 25 Juli 1908.

Saat itu, di Eropa sedang euforia dunia penerbangan. Maraknya demonstrasi terbang memacu semangat Ter Poorten untuk masuk sekolah pilot Aviator di Antwerpen, Belgia.

Ter Poorten mendapat brevet yang diidam-idamkannya pada 30 Agustus 1911, menjadikannya pilot militer Belanda/Hindia Belanda yang pertama.

Tidak hanya itu, ia pun menjadi pilot militer pertama yang terbang di langit Nusantara.

Baca juga: Jan Willem Janssens, Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-37

Sepak terjang selama Perang Dunia II

Sekembalinya ke Indonesia, karier Hein ter Poorten terus merangkak naik.

Pada Juli 1939, ia menjadi kepala staf umum KNIL, sebelum akhirnya dipromosikan menjadi Panglima Tertinggi KNIL pada Oktober 1941, menggantikan Letnan Jenderal Gerardus Johannes Berenschot yang meninggal dalam kecelakaan terbang.

Ter Poorten terkenal ahli di bidangnya, sehingga dipercaya menjadi komandan pasukan Sekutu yang tergabung dalam ABDACOM untuk melawan Jepang.

Ia juga menjadi panglima dari semua pasukan Sekutu di Jawa, menyusul pecahnya ABDACOM yang semakin terdesak dengan kedatangan Jepang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com