Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Konfrontasi Menurut Ahli dan KBBI

Kompas.com - 25/09/2023, 05:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keberadaan konflik antarindividu memang tak terhindarkan, di mana konflik tersebut dapat dipicu akibat adanya perbedaan pendapat yang berujung pada penolakan.

Untuk mengatasi suatu konflik diperluka manajemen konflik. Salah satu cara dalam menyelesaikan konflik adalah dengan melakukan konfrontasi. 

Memangnya, apa itu konfrontasi?

Berikut pengertian konfrontasi menurut para ahli:

KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konfrontasi adalah perihal berhadapan-hadapan langsung antara saksi dan terdakwa, yang terkait dengan permusuhan atau pertentangan, dengan cara menentang musuh atau kesulitan dengan berhadapan langsung dan terang-terangan.

Baca juga: Definisi Konflik Menurut Para Ahli

Goldstein J. (1990)

Konfrontasi merupakan mediasi perantara yang menengahi penyelesaian suatu konflik dengan tatap muka atau dengan bertemu langsung, namun ditengahi oleh fasilitator dalam menyelesaikan sebuah konflik, perdebatan atau perselisihan yang terjadi.

Djajendra

Konfrontasi bukanlah tempat untuk saling berdebat mencari kebenaran, namun sebagai tempat untuk saling berendah hati dan mencari kedamaian dari suatu permasalahan.

Johnson dan Johnson

Konfrontasi merupakan suatu manajemen konflik yang dilakukan untuk mencari solusi terkait suatu konflik yang dihadapi, sehingga mampu memecahkan masalah dan memuaskan kedua belah pihak.

Wahyudi

Konfrontasi adalah pendekatan yang dilakukan untuk mengatasi konflik dengan cara mempertemukan kedua belah pihak.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak diberi kesempatan berdebat terbuka mengenai berbagai topik dan membahas semua masalah yang relevan sampai keputusan tercapai.

Baca juga: 6 Metode Pelaksanaan Resolusi Konflik Menurut Forsyth 

Richard E. Walton (1969)

Konfrontasi menurut Richard E. Walton adalah unsur konflik di mana pihak-pihak saling berhadapan, terlibat langsung satu sama lain dalam perselisihan yang terjadi di antara mereka.

J. Mouton dan R.R. Blake

Konfrontasi adalah ketika salah satu pihak yang berkonflik cenderung menentang, sebab ia tidak merasa bersalah dan kerap kali menyalahkan pihak lainnya.

Muslich (1991)

Konfrontasi merupakan metode penyelesaian konflik, di mana masing-masing pihak (kelompok) yang berselisih dapat mengemukakan secara langsung dalam suatu forum terbuka mengenai pandangannya terhadap lawan konflik.

Baca juga: Faktor-Faktor Penyebab Konflik

Prijosaksono dan Sembel

Konfrontasi merupakan bagian dari manajemen konflik berdasarkan gaya, yang dilakukan dengan menghadapi konflik secara terbuka dengan mengungkapkan ketidakpuasan mereka.

P. Muniz dan R. Chasnoff (1985)

Konfrontasi adalah upaya yang dilakukan dalam mengatasi konflik dengan cara mencari solusi dari suatu permasalahan dengan bermusyawarah, tanpa mencari siapa yang benar dan siapa yang salah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com