Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambulans atau Ambulan, Mana Penulisan yang Benar?

Kompas.com - 02/04/2024, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com"Ambulan itu tiba di rumah sakit sekitar pukul 17.00 WIB, membawa pasien kecelakaan mobil di dekat pantai."

Menurutmu, sudah tepatkah penulisan kata ambulan dalam kalimat tersebut? Jika belum, bagaimana penulisan ambulan yang tepat?

Ambulan atau ambulans

Dilansir dari buku Pedoman Kata Baku dan Tidak Baku (2017) oleh Dini Fitri, penulisan ambulan yang benar adalah ambulans.

Jika kita mencari kata ambulan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hasil penelusuran akan mengarah pada kata ambulans.

Menurut KBBI, ambulans adalah kendaraan (mobil atau lainnya), yang dilengkapi peralatan medis untuk mengangkut orang sakit, korban kecelakaan, dan sebagainya.

Baca juga: Astronaut atau Astronot, Mana Penulisan yang Benar?

Kata ambulans sendiri, kemungkinan besar diserap dari kata "ambulance" dalam bahasa Inggris, di mana pelafalan dan penulisannya cukup mirip.

Dikutip dari situs Cambridge Dictionary, ambulance adalah kendaraan yang dipakai untuk mengangkut orang sakit atau terluka ke rumah sakit.

Menjawab pertanyaan di atas, penulisan kata ambulan dalam kalimat tersebut masih kurang tepat. Karena seharusnya ambulan ditulis ambulans.

Berikut pembenarannya:

"Ambulans itu tiba di rumah sakit sekitar pukul 17.00 WIB, membawa pasien kecelakaan mobil di dekat pantai." 

Baca juga: Akhirat atau Akherat, Mana Penulisan yang Benar?

Berkaitan dengan hal tersebut, ambulans adalah kata baku, yakni kata yang penulisannya sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan KBBI.

Sebaliknya, ambulan termasuk kata tidak baku, yaitu kata yang penulisannya tidak sesuai dengan EYD dan KBBI.

Walau begitu, kata ambulan tetap bisa digunakan dalam situasi tidak formal. Sementara kata ambulans dapat digunakan dalam situasi formal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com