Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Maksud dari Produksi dan Produsen?

Kompas.com - 18/03/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Produksi berkaitan dengan produsen. Karena kegiatan produksi dilakukan oleh produsen.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan banyak barang, seperti buku tulis, tas sekolah, pensil, kipas angin, meja belajar, kursi, dan masih banyak lagi.

Tahukah kamu jika barang-barang yang kita gunakan setiap hari merupakan hasil kegiatan produksi yang dilakukan produsen?

Apakah yang dimaksud produksi dan produsen

Produksi adalah kegiatan mengolah, mengelola, dan menghasilkan suatu barang atau jasa. Sementara produsen adalah orang yang memproduksi barang atau jasa.

Agar lebih memahaminya, mari simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian produksi

Menurut Ahmad Tohardi dalam buku Kewirausahaan (2021), produksi adalah proses atau kegiatan mengolah dan mengelola suatu bahan menjadi produk, berupa barang atau jasa.

Produksi tidak hanya sebatas bagaimana proses pengolahan produknya, tetapi juga termasuk mencari bahan yang dibutuhkan.

Baca juga: Apa Saja Hak dan Kewajiban Seorang Petani?

Contohnya, untuk memproduksi pisang goreng, kita membutuhkan bahan, seperti pisang, tepung terigu, minyak goreng, gula pasir, dan lain-lain.

Selain membutuhkan bahan tersebut, kita juga membutuhkan peralatan seperti baskom, wajan, dan kompor untuk menggoreng pisang.

Setelah mengumpulkan bahan dan alat, proses produksi akan dimulai, yakni dengan mengupas pisang, memasukkannya ke adonan tepung, dan digoreng. Hasil produksinya adalah pisang goreng.

Pengertian produsen

Dilansir dari situs Collins Dictionary, produsen atau producer adalah kelompok, perusahaan, atau negara yang memproduksi produk dalam jumlah besar.

Pada intinya, produsen merupakan orang yang berperan menghasilkan produk, berupa barang atau jasa yang kemudian didistribusikan oleh distributor, dan akhirnya dikonsumsi konsumen.

Contohnya, produsen pakaian berarti perusahaan yang memproduksi atau menghasilkan pakaian. Contoh lainnya, produsen makanan artinya perusahaan yang memproduksi makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com