Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Keunggulan Komparatif dan Absolut

Kompas.com - 17/03/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Keunggulan komparatif dan absolut merujuk pada kemampuan produksi barang dan jasa oleh perusahaan atau negara.

Dalam praktiknya, keunggulan absolut cukup sulit ditemui. Sebab, konsep "absolut" bersifat relatif. Walau begitu, ada beberapa negara yang mampu meraih keunggulan absolut.

Apa itu keunggulan komparatif dan absolut?

Pengertian keunggulan komparatif

Menurut Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert dalam buku Business, Eight Edition (2007), keunggulan komparatif merupakan keunggulan yang dimiliki perusahaan atau negara ketika mampu memproduksi suatu barang secara lebih efisien atau lebih baik dibanding barang lainnya.

Misal, sebuah negara mampu memproduksi komputer secara lebih efisien dan baik dibanding produksi mobilnya. Maka negara tersebut dikatakan memiliki keunggulan komparatif.

Dilansir dari buku Teori Ekonomi: Mikro dan Makro (2021) oleh Eko Sudarmanto, dkk, menurut David Ricardo, keunggulan komparatif akan tercapai apabila suatu negara mampu memproduksi jumlah barang atau jasa lebih banyak dengan biaya rendah, dibanding negara lainnya.

Baca juga: Teori Keunggulan Komparatif

Pengertian keunggulan absolut

Dikutip dari buku Contemporary Business (2006) karya Louis E. Boone dan David L. Kurtz, keunggulan absolut terjadi ketika perusahaan atau negara mampu mempertahankan monopoli atas produk atau jasa yang dihasilkannya.

Sebagai contoh, selama berabad-abad, Cina menikmati keunggulan absolut dalam produksi sutra. Kain ini ditenun dari serat yang diperoleh dari kepompong ulat sutra, kemudian diolah dan dijadikan sebagai bahan baku pembuatan pakaian berkualitas tinggi.

Secara garis besar, keunggulan absolut lebih menekankan pada besaran variabel riil dan bukan moneter.

Misalkan, nilai suatu barang diukur dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan dalam produksi barang atau jasa. Makin banyak tenaga kerjanya, berarti kian tinggi pula nilai barang atau jasa tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com