Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelangkaan: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 24/04/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa saat yang lalu, beras premium mengalami kelangkaan di Indonesia. Kita tidak bisa menjumpai beras ini di gerai perbelanjaan modern.

Akibatnya, harga beras premium pun melambung tinggi. Salah satu penyebab kelangkaan ini ialah belum terlaksananya masa panen raya beras di Indonesia.

Sebenarnya, apa itu kelangkaan?

Pengertian kelangkaan

Harga Beras di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah semakin mahal. Beras premium pun saat ini mencapai Rp 17.000 perkilogramnya. KOMPAS.COM/BAYUAPRILIANO Harga Beras di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah semakin mahal. Beras premium pun saat ini mencapai Rp 17.000 perkilogramnya.

Dikutip dari situs Investopedia, scarcity atau kelangkaan adalah kondisi di mana kita harus memilih satu di antara beberapa pilihan sumber daya.

Barang langka sering juga disebut barang ekonomi. Barang langka adalah komoditas yang permintaannya melebihi pasokan pada harga nol (0).

Baca juga: Apa Saja Dampak Kelangkaan dalam Perekonomian?

Konsep kelangkaan pada ilmu ekonomi, sebenarnya ingin memperlihatkan, adanya biaya peluang dalam alokasi sumber daya yang terbatas.

Menurut Elis Anita, dkk dalam buku Konsep Dasar Ekonomi Mikro (2023), kelangkaan adalah inti masalah ekonomi yang sulit untuk dihindari.

Salah satu penyebab kelangkaan adalah tidak seimbangnya kebutuhan masyarakat, dengan faktor produksi yang tersedia di masyarakat.

Dilansir dari situs National Geographic, kelangkaan adalah besarnya permintaan barang dan jasa dibanding ketersediaan barangnya.

Kelangkaan terjadi saat lebih sedikit barang dan jasa yang tersedia, untuk memenuhi kebutuhan banyak orang.

Baca juga: Mengapa Perbedaan Letak Geografis dapat Menimbulkan Kelangkaan?

Jadi, pengertian kelangkaan adalah kondisi di mana permintaan barang dan jasa lebih besar dibanding yang tersedia.

Contoh kelangkaan

Sejumlah warga Kota Bima, NTB, mengeluhkan kelangkaan gas LPG 3 kilogram. Jika pun stoknya tersedia di toko eceran, harganya melambung tinggi Rp 35 ribu per tabung.KOMPAS.COM/SYARIFUDIN Sejumlah warga Kota Bima, NTB, mengeluhkan kelangkaan gas LPG 3 kilogram. Jika pun stoknya tersedia di toko eceran, harganya melambung tinggi Rp 35 ribu per tabung.

Kasus kelangkaan beras premium di Indonesia, beberapa waktu lalu, menjadi salah satu contoh kelangkaan

Harga beras premium di pasaran meningkat tajam, karena tingginya permintaan masyarakat, padahal ketersediaan barangnya sedikit.

Beberapa contoh kelangkaan lainnya adalah kelangkaan minyak goreng, kelangkaan bensin subsidi, dan kelangkaan bahan pokok makanan.

Baca juga: Kumpulan Soal dan Pembahasan Materi Kebutuhan dan Kelangkaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com