Kompas.com - 17/03/2022, 13:19 WIB

KOMPAS.com – Pemisahan alkohol murni dari campuran alkohol dan air, dapat dilakukan di laboratorium kimia. Di antara teknik pemisahan, yang tepat dilakukan adalah metode distilasi

Apa yang dimaksud dengan distilasi dan bagaimana cara memisahkan air dan alkohol melalui metode distilasi? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian distilasi

Distilasi adalah salah satu metode pemisahan campuran yang didasarkan oleh prinsip titik didih. Distilasi kerap digunakan untuk pemurinian suatu cairan yang tercampur dengan cairan lain. Sehingga, sulit untuk dipisahkan melalui metode lain. 

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, proses distilasi melibatkan konversi cairan menjadi uap yang kemudian dikondensasikan kembali ke dalam bentuk cair. 

Baca juga: Jenis-jenis Pemisahan Campuran

Pemisahan alkohol murni dari campuran air dan alkohol melalui distilasi

Air dan dan alkohol merupakan dua zat cair yang berbeda. Alkohol dapat larut dalam air karena memiliki gugus hidroksil yang membentuk ikatan hidrogen dengan air. 

Alkohol dan air, keduanya adalah cairan tidak berwarna (bening). Sehingga campuran alkohol dan air sulit untuk dipisahkan. Alkohol larut dalam air, sehingga tidak bisa dipisahkan dengan cara disaring. 

Sehingga, untuk memisahkan alkohol dari campuran air dan alkohol dilakukan dengan cara distilasi.

Air dan alkohol memiliki titik didih yang berbeda. Air akan mendidih dan berubah menjadi uap pada suhu 100°C. Sedangkan, alkohol akan mendidih dan berubah menjadi uap pada titik didih yang lebih rendah yaitu 78,5°C. 

Baca juga: Cara Memisahkan Campuran: Filtrasi, Distilasi, Kromatografi, Sublimasi

Distilasi alkohol dari campuran air dan alkohol dilakukan dengan memanaskan campuran menggunakan bunsen. Dilansir dari Sciencing, ketika mencapai suhu 78,5 alkohol akan mulai menguap sementara air tetap cair. 

Distilasi terus dilakukan selama alkohol menguap dan dihentikan sebelum mencapai titik didih air. Sehingga, tidak menguap dan uapnya tidak bercampur dengan uap alkohol.

Dilansir dari Lumen Learning, uap alkohol akan melewati tabung pendingin (kondensor) dan mengembun. 

Embun tersebut kemudian akan mengalir masuk ke tabung distilat. Cairan distilat tersebut merupakan alkohol murni.

Adapun, semua alkohol telah dipisahkan sepenuhnya dari campuran air. Sehingga, pada tabung distilat terdapat alkohol murni. Sedangkan, pada tabung campuran awal terdapat air murni. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.