Ahli Sebut Kecerdasan T. rex Setara dengan Buaya Besar

Kompas.com - 01/05/2024, 15:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini, ahli saraf asal Brasil, Suzana Herculano-Houzel, menerbitkan penelitian kontroversial yang dengan berani menyatakan bahwa T. rex memiliki kecerdasan yang menyaingi babun modern.

Asumsinya adalah Tyrannosaurus rex sangat pintar dan bahkan mungkin bisa menggunakan "peralatan". Penelitian ini mengatakan bahwa T. rex mungkin mewariskan pengetahuan kepada keturunannya melalui transmisi budaya.

Temuan ini tentu saja menarik banyak perhatian; raja dinosaurus tidak hanya mengancam secara fisik tetapi juga sangat cerdas (untuk reptil).

Namun, studi baru yang dilakukan menunjukkan hal yang berbeda. Menurut tim ahli paleontologi internasional yang mengamati penelitian Herculano-Houzel untuk kedua kalinya, perkiraan jumlah neuron T. rex meleset.

Sebaliknya, mereka memberikan penilaian yang lebih konservatif, menyimpulkan bahwa T. rex dan dinosaurus lain yang serupa mungkin sama pintar (atau bodohnya) dengan buaya dan kadal modern.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik T-rex, Dinosaurus Paling Ikonik yang Pernah Hidup

Memperkirakan kecerdasan dinosaurus

Metodologi sebelumnya yang digunakan untuk menilai ukuran otak dinosaurus, utamanya, mengandalkan endocast – cetakan alami atau buatan dari rongga otak tengkorak.

Endocast ini diasumsikan secara akurat mewakili ukuran dan bentuk otak, sehingga memungkinkan ahli saraf memperkirakan volume otak. Ciri-ciri morfologi dasar kemudian dibandingkan dengan spesies hidup untuk menyimpulkan kemampuan kognitif dan ciri-ciri perilaku.

Misalnya, volume otak yang lebih tinggi dibandingkan dengan ukuran tubuh (encephalization quotient atau EQ) sering dikaitkan dengan kecerdasan yang lebih tinggi. Studi awal menghasilkan angka-angka yang menunjukkan EQ T. rex hampir sama dengan primata.

Namun, metode ini memiliki keterbatasan yang signifikan. Pertama, diasumsikan bahwa endocast sangat cocok dengan morfologi otak. Hal ini tidak selalu benar, terutama pada dinosaurus non-unggas yang otaknya tidak memenuhi rongga tengkorak sepenuhnya.

Kedua, menggunakan hewan modern sebagai analogi langsung dari spesies yang punah mengabaikan perubahan evolusioner dan adaptasi besar yang telah terjadi selama jutaan tahun.