Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2024, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Jalan pertama di dunia adalah jalur yang dibuat oleh hewan, yang kemudian diadaptasi oleh manusia. Catatan paling awal tentang jalur tersebut ditemukan di sekitar beberapa mata air dekat Yerikho dan berasal dari zaman sekitar 6000 SM.

Indikasi pertama pembangunan jalan berasal dari sekitar 4000 SM, yang terdiri dari jalan beraspal batu di Irak dan jalan kayu di rawa-rawa Glastonbury, Inggris.

Jalan terpanjang di dunia

Jalan Raya Pan-Amerika adalah jalan terpanjang di dunia, membentang sekitar 30.000 kilometer dari Alaska hingga ujung selatan Argentina.

Visi Jalan Raya Pan-Amerika pertama kali diusulkan pada tahun 1923 oleh Amerika Serikat (AS). Meskipun hal ini dianggap sebagai upaya persaudaraan untuk mengikat negara-negara yang berjauhan, beberapa orang berpendapat bahwa gagasan ini pada dasarnya adalah sebuah taktik untuk meningkatkan penjualan mobil buatan AS dan ekspor lainnya ke Amerika Latin.

Baca juga: Seperti Apa Jalan Beraspal Tertua di Dunia?

Pada tahun 1924, para pejabat AS mengundang 37 delegasi dari Amerika Latin ke Washington DC untuk menyampaikan promosi penjualan mereka dan, setelah perselisihan selama bertahun-tahun, sebuah kesepakatan tercapai.

Konvensi Jalan Raya Pan-Amerika ditandatangani pada tahun 1937 oleh Argentina, Bolivia, Kanada, Chili, Kolombia, Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Panama, Peru, dan AS.

Namun, proyek ini tidak rampung dalam waktu cepat. Pada awal tahun 1970-an Presiden ke-37 AS, Richard Nixon, mengatakan bahwa jalan raya besar yang melintasi benua itu akan segera selesai.

Faktanya, bahkan hingga saat ini, Jalan Raya Pan-Amerika belum sepenuhnya terhubung dan belum bisa digunakan untuk berkendara sepenuhnya. Tantangan besar bagi pembangunan jalan raya tersebut adalah Darién Gap, sebidang tanah sepanjang 160 km yang menghubungkan Panama dengan Kolombia.

Diselimuti hutan lebat dan hujan musiman, tidak ada jalan sama sekali yang melewati Darién Gap, bahkan jalan tanah pun tidak ada.

Baca juga: Persiapan Misi Bulan, Ahli Mulai Merancang Pembangunan Jalan di Bulan

Pembangunan Jalan Raya Pan-Amerika pun ditentang keras oleh para aktivis lingkungan hidup, yang berargumentasi bahwa proyek ini akan menimbulkan bencana bagi keanekaragaman hayati dan masyarakat adat di wilayah tersebut.

Terlebih lagi, Darién Gap sering dikunjungi oleh milisi bersenjata, geng berbahaya, dan pengedar narkoba, menjadikannya tempat yang berbahaya untuk dilewati.

Jadi, meskipun ada permasalah ini, Jalan Raya Pan-Amerika masih memegang rekor dunia sebagai untuk “jalan terpanjang yang dapat dilalui kendaraan bermotor”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com