Kompas.com - 14/01/2024, 08:32 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Penelitian baru baru mengidentifikasi tengkorak dinosaurus yang ditemukan 40 tahun lalu sebagai spesies baru tyrannosaurus dan mungkin kerabat terdekat dari predator ikonik Tyrannosaurus rex.

Penelitian ini pun menambah perdebatan lebih lanjut yang sudah berlangsung lama tentang berapa banyak spesies tyrannosaurus yang ada.

Baca juga: Studi Ungkap Apa yang Dimakan Sepupu T-rex Saat Masih Hidup

Kendati demikian, studi dapat membantu memperjelas bagaimana mereka berevolusi.

Spesies baru Tyrannosaurus

Mengutip New Scientist, Sabtu (13/1/2024) T-rex muncul di Amerika Utara sekitar 68 Juta tahun yang lalu atau 2 juta tahun sebelum kepunahan massal yang memusnahkan sebagian besar dinosaurus.

Beberapa orang berpendapat bahwa nenek moyang T. rex berjalan melintasi jembatan darat dari Asia prasejarah, sementara yang lain menyebutkan asal usulnya di Amerika Utara bagian selatan.

Untuk mengetahuinya, Anthony Fiorillo di Museum Sejarah Alam dan Sains New Mexico dan rekan-rekannya memeriksa kembali fosil koleksi museum, yang ditemukan di lapisan batuan yang dikenal sebagai Grup McRae di bagian barat New Mexico.

Dan beginilah kisah penemuan spesies baru tyrannosaurus ini bermula.

Saat memeriksa tengkorak yang awalnya dikategorikan sebagai T-rex, peneliti memperhatikan perbedaan pada tulangnya.

Mereka berpendapat bahwa spesimen tersebut mewakili spesies yang lebih tua dan primitif daripada T-rex.

Sehingga peneliti berpendapat bahwa tyrnnosaurus sudah ada di Amerika Utara jutaan tahun lebih awal dari perkiraan para ahli paleontologi.

Studi baru ini pun akhirnya akan memicu perdebatan lebih lanjut mengenai berapa banyak spesies tyrannosaurus yang ada di Amerika Utara.