Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kolesterol Tinggi Bisa Dideteksi Melalui Gejala?

Kompas.com - 06/01/2024, 14:56 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kolesterol memiliki peran penting bagi tubuh. Namun, kolesterol dengan kadar tinggi dalam darah, dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Kolesterol, bersama dengan zat lain, seperti lemak dan kalsium, dapat menumpuk di plak di dinding arteri. 

Seiring waktu, penumpukan plak akan mempersempit pembuluh darah dan menyebabkan komplikasi, termasuk stroke dan serangan jantung.

Benarkah kolesterol tinggi bisa dideteksi melalui gejala?

Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang umum, tetapi mungkin beberapa orang belum mengetahui fakta-fakta sebenarnya tentang kolesterol dan kaitannya dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Apakah Makan Daging Kambing Bikin Kolesterol Tinggi?

Beberapa orang mungkin mengalami pertumbuhan endapan keunikan kolesterol pada kulit, yang disebut xanthomas, saat memiliki kadar kolesterol sangat tinggi.

Namun, kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi tidak mengalami gejala apapun. 

Banyak orang ysng mengalami gejala ketika mereka memiliki komplikasi dari aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah. 

Saat arteri menyempit, aliran darah akan menurun ke jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti angina (nyeri dada), gangren (kematian jaringan), serangan jantung, stroke, disfungsi ginjal, dan klaudikasio (nyeri pada kaki saat berjalan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com