Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Meski terkadang dianggap sebagai sayuran, jamur bukanlah jenis sayur. Di satu sisi, jamur dianggap seperti buah dari suatu tanaman.

Beberapa jenis jamur memiliki rasa yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti jamur kuping, jamur kancing, jamur tiram, enoki, jamur shitake, dan sebagainya.

Tidak hanya lezat, jamur juga dianggap baik untuk kesehatan karena sejumlah kandungan nutrisi di dalamnya.

Mengapa jamur menyehatkan ?

Jamur merupakan makanan bebas lemak, rendah sodium, rendah kalori, dan bebas kolesterol. Jamur juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Manfaat nutrisi jamur bisa berbeda-beda, bergantung pada jenis jamurnya. Namun, secara keseluruhan, berikut adalah beberapa nutrisi yang ada di dalam jamur, yang membuatnya baik untuk kesehatan.

Baca juga: Mengenal Manfaat Kesehatan Jamur Singa untuk Otak Manusia

1. Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak, yang dapat menyebabkan penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.

Antioksidan juga melindungi dari kerusakan akibat penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jamur kaya akan antioksidan yang disebut selenium. Selain itu, jamur adalah sumber mineral terbaik.

2. Beta glukan

Beta glukan adalah bentuk serat makanan larut yang dikaitkan dengan peningkatan kolesterol dan kesehatan jantung. Beta glukan juga dapat membantu tubuh mengatur gula darah untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Di antara jenis jamur lainnya, kamur tiram dan shitake dipercaya mengandung beta glukan yang paling efektif.

Baca juga: Apakah Manfaat Makan Jamur untuk Kesehatan Jantung?

3. Vitamin B

Jamur kaya akan vitamin B, yakni riboflavin, niasin, dan asam pantotenat. Kombinasi ini membantu melindungi kesehatan jantung.

Riboflavin baik untuk sel darah merah. Niacin baik untuk sistem pencernaan dan menjaga kesehatan kulit, sedangkan asam pantotenat baik untuk sistem saraf serta membantu tubuh membuat hormon yang dibutuhkannya.

4. Tembaga

Tembaga membantu tubuh membuat sel darah merah, yang digunakan untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Mineral juga penting untuk proses lain dalam tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang dan saraf.

Setelah dimasak, satu cangkir jamur dapat menyediakan sekitar sepertiga dari jumlah tembaga harian yang direkomendasikan.

Baca juga: Apa yang Membuat Harga Jamur Truffle Mahal?

5. Kalium

Kalium sangat penting dalam fungsi jantung, otot, dan saraf. Kandungan potasium dalam 2/3 cangkir jamur Portobello yang dimasak sama banyaknya dengan kandungan potasium dalam pisang berukuran sedang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com