Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Kembangkan Antiobiotik Baru untuk Melawan Gonore Super

Kompas.com - 22/11/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah dunia yang tengah bergulat dengan meningkatnya ancaman infeksi yang resistan terhadap antibiotik, sebuah perkembangan inovatif telah muncul.

Zoliflodacin, sebuah antibiotik baru, menjadi tonggak penting dalam perjuangan melawan gonore super, infeksi menular seksual yang sangat resistan terhadap obat.

Gonore super memiliki resistensi tingkat tinggi terhadap pengobatan gonore yang direkomendasikan saat ini (ceftriaxone dan azithromycin), termasuk resistensi terhadap penisilin, sulfonamid, tetrasiklin, fluoroquinolon, dan makrolida.

Obat baru untuk gonore

Dalam uji coba fase 3 yang dilakukan di lima negara, peneliti tengah menguji zoliflodacin untuk mengobati gonore super.

Baca juga: 6 Fakta Antibiotik yang Makin Tak Manjur dan Diprediksi Bunuh 10 Juta Jiwa

Zoliflodacin adalah antibiotik baru dan pertama untuk gonore super dalam beberapa dekade, yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan perusahaan Entasis Therapeutics.

Antibiotik ini bekerja dengan menargetkan enzim bakteri esensial dan menawarkan mekanisme aksi yang unik melawan patogen.

Dalam uji coba yang dilakukan di beberapa negara, zoliflodacin menunjukkan kemanjurannya dengan bekerja sebaik pengobatan standar ceftriaxone dan azitromisin.

Menurut Edward Hook, ketua protokol uji coba dan Profesor Kedokteran di Universitas Alabama-Birmingham, hasil penelitian ini memiliki potensi untuk memberi perubahan di bidang kesehatan seksual.

Zoliflodacin tidak hanya menjawab kebutuhan mendesak akan pengobatan yang efektif terhadap strain yang resisten, tetapi juga menawarkan kemudahan pemberian obat oral.

Baca juga: Berapa Dosis Antibiotik Amoxicillin untuk Sakit Gigi?

Aspek ini menjadi penting, mengingat kenyamanan relatif pemberian obat oral dibandingkan dengan suntikan intramuskular, yang merupakan standar saat ini.

Meski demikian, perjuangan melawan penyakit gonore super masih jauh dari selesai. Bakteri ini secara historis telah mengembangkan resistensi terhadap semua kelas obat yang digunakan untuk melawannya.

Efektivitas Zoliflodacin harus dijaga melalui penggunaan yang hati-hati dan bijaksana, dengan fokus pada pencegahan berkembangnya resistensi. Pada saat yang sama, para ahli yang terus mengembangkan obat baru juga merupakan hal yang lebih penting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com